(keaslian tulisan belum ada)..KOMUNIKASI KOERSIF ORANG TUA KEPADA ANAK DALAM MENGATASI KECANDUAN SMARTPHONE DI DESA SUMBERAGUNG KECAMATAN BRONDONG KABUPATEN LAMONGAN

Utami, u and Rusman, R and Ramadhan, R and Khuriyatul, K (2023) (keaslian tulisan belum ada)..KOMUNIKASI KOERSIF ORANG TUA KEPADA ANAK DALAM MENGATASI KECANDUAN SMARTPHONE DI DESA SUMBERAGUNG KECAMATAN BRONDONG KABUPATEN LAMONGAN. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
302190033_Khuriyatul Aqliyah_Komunikasi dan Penyiaran Islam.pdf

Download (1MB)

Abstract

Abstrak
Aqliyah, Khuriyatul, 2023, Komunikasi Koersif Orang tua Kepada Anak Dalam Mengatasi Kecanduan Smartphone di Desa Sumberagung Kecamatan Brondong Kabupaten Lamongan. Skripsi. Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri Ponorogo (IAIN Ponorogo).
Pembimbing, Kayyis Fithri Ajhuri, M, A
Kata Kunci: Komunikasi Koersif, Kecanduan Smarthphone dan Komunikasi Orang Tua
Penggunaan Smartphone dalam kehidupan sehari-hari pada anak tentu tak lepas dari kendali orang tua mulai dari bangun tidur, berangkat sekolah, bermain diluar maupun bermain didalam rumah termasuk penggunaan smartphone. Penggunaan smartphone oleh anak diusia menuju remaja adalah usia yang rawan. Maka tak jarang orang tua masih mengawasi apa yang dilakukan anak, sampai kapan dan bagaimana saat sang anak menggunakan smartphone. Salah satunya adalah dengan penerapan komunikasi tertentu dengan anak, salah satunya komunikasi koersif. Dimana berangkat dari rumusan masalah yang digunakan yaitu tentang, Mendeskripsikan bagaimana bentuk-bentuk komunikasi koersif orang tua kepada anak yang kecanduan Smartphone di Desa Sumberagung, menganalisis Bagaimana unsur-unsur komunikasi koersif yang dilakukan orang tua dalam mengatasi anak yang kecanduan Smartphone di Desa Sumberagung, untuk memahami Apa saja faktor yang mempengaruhi komunikasi koersif orang tua kepada anak yang kecanduan Smartphone di Desa Sumberagung.

Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Sedangkan pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan observasi, dokumentasi dan wawancara kemudian untuk teknik analisis data dengan mereduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Sumber data berupa sumber primer dan sekunder.
Kesimpulan mengenai komunikasi koersif yang dilakukan orang tua dalam mengatasi anak yang kecanduan smartphone yaitu, pertama, Bentuk-bentuk komunikasi koersif di Desa Sumberagung yang digunakan untuk mengatasi anak yang kecanduan Smartphone adalah penekanan dengan nasihat, berbentuk teguran dan peringatan, dan bentuk kekuasaan berupa pemberdayaan. Kedua, unsur-unsur komunikasi koersif yang dilakukan orang tua dalam mengatasi anak yang kecanduan Smartphone di Desa Sumberagung diantaranya adalah dengan unsur kekuasaan berupa dominasi, menggunakan unsur paksaan dan menggunakan ancaman non kontigen berupa menasehati. Ketiga, faktor yang mempengaruhi komunikasi koersif yang dilakukan orang tua dalam mengatasi kecanduan smartphone adalah sikap agresif orang tua atau tergantung pada karakter anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Kayyis Fithi Ajhuri
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 05 Jun 2023 04:26
Last Modified: 05 Jun 2023 04:26
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23445

Actions (login required)

View Item View Item