Tradisi sesajen dalam walimah nikah prespektif ‘urf (Studi kasus di desa glonggong kecamatan dolopo kabupaten madiun).

Abidin, Muhammad Gufron (2023) Tradisi sesajen dalam walimah nikah prespektif ‘urf (Studi kasus di desa glonggong kecamatan dolopo kabupaten madiun). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
101190229-Muhammad Gufron Abidin-Hukum Keluarga Islam.pdf

Download (1MB)

Abstract

Gufron Abidin, Muhammad, 2023. Tradisi sesajen dalam walimah nikah prespektif ‘urf (Studi kasus di desa glonggong kecamatan dolopo kabupaten madiun). Skripsi Jurusan Hukum Keluarga Islam Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri Ponorogo (IAIN) Ponorogo, Pembimbimng Muh. Maksum,M.E.Sy.

Kata Kunci/Keywords : Tradisi sesajen, Walimah nikah, ‘urf

Salah satu yang menarik dari tradisi di Desa Glonggong adalah budaya perkawinannya karena yang memiliki susunan acara yang sangat detail prosesi-prosesinya. Beberapa kegiatan dalam prosesi perkawinan adat berpotensi bertentangan dengan syariat Islam sebab mengandung perilaku menyekutukan Allah dan mengotori kemurnian tauhid, misalnya pembuatan sesajen sebelum menyelenggarakan resepsi walimah nikah. Kegiatan ini masih banyak dilakukan khususnya di Desa Glonggong Kecamatan Dolopo Kabupaten Madiun. Dalam penelitian ini akan membahas apakah tradisi sesajen dalam walimah nikah di Desa Glonggong tesebut sesuai dengan ‘urf dalam Islam apa belum.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana motif dan pelaksanaan tradisi adat sesajen dalam walimah nikah di Desa Glonggong, Kecamatan Dolopo Kabupaten Madiun prespektif ‘urf? (2) Bagaimana dampak pelaksanaan tradisi sesajen dalam walimah nikah di Desa Glonggong, Kecamatan Dolopo Kabupaten Madiun prespektif ‘urf?
Adapun skripsi ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan empiris. Sedangkan teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah metode induktif
Dari penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Pelaksanaan tradisi sesajen di Desa Glongong Kecamatan Dolopo Kabupaten Madiun dilihat dari aspek niat ditemukan bahwa tradisi sesajen di Desa Glonggong termasuk dalam ‘urf shahih, sebab mempuyai niat bersedekah dalam acara walimah nikah, agar diberikan keselamatan serta kelancaran pada saat prosesi pernikahan dan tidak bertentangan dengan syariat islam. Dari aspek pelaksanaan di temukan bahwa tradisi sesajen di Desa Glonggong termasuk dalam ‘urf shahih, sebab pelaksanaanya sesuai dengan syariat Islam, diterima oleh masyarakat dan termasuk adat yang berulang-ulang. (2) Dampak melaksanakan tradisi sesajen di Desa Glonggong dalam pandangan ‘urf termasuk dalam ‘urf shahih karena masyarakat menyatakan bahwa dampak melaksanakan tradisi sesajen akan miningkatkan ekonomi dan solidaritas masyarakat ditandai dengan mendatangkan rezeki bagi masyarakat, saling gotong royong dan tidak bertentangan dengan syariat Islam, tidak menimbulkan mafsadah dan memberikan kemaslahatan, berlaku umum di kalangan kaum muslim, tidak berlaku dalam ibadah mahdhah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muh. Maksum
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister al-Ahwal al-Syakhshiyyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 05 Jun 2023 02:35
Last Modified: 05 Jun 2023 02:35
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23432

Actions (login required)

View Item View Item