Pembiasaan Melantunkan Asmaul Husna untuk Menanamkan Akhlakul Karimah Siswa di SMK Negeri 1 Mejayan

Dawud, Laela Nada (2023) Pembiasaan Melantunkan Asmaul Husna untuk Menanamkan Akhlakul Karimah Siswa di SMK Negeri 1 Mejayan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
201190122_LAELA NADA DAWUD_PAI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dawud, Laela Nada. 2023. Pembiasaan Melantunkan Asmaul Husna untuk Menanamkan Akhlakul Karimah Siswa di SMK Negeri 1 Mejayan. Skripsi Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Dr. M. Miftahul Ulum, M.Ag.
Kata Kunci : Akhlakul Karimah, Pembiasaan, Asmaul Husna.

Penelitian ini dilatar belakangi adanya kegiatan pembiasaan melantukan asmaul husna yang diterapkan di SMKN1 Mejayan dalam rangka menanamkan akhlakul karimah. Selain itu adanya masalah dari siswa di SMKN 1 Mejayan yakni siswa berkata kotor, adu mulut dengan teman, tidak sopan dengan guru, dan kurang kasih sayang antar teman. Bagaimana pelaksanaannya, apa faktor pendukung dan faktor penghambat serta implikasi pembiasaan melantunkan asmaul husna untuk menanamkan akhlakul karimah siswa. Dengan dasar itulah yang mendorong penulis melakukan penelitian tentang pembiasaan melantunkan Asmaul Husna untuk menanamkan akhlakul karimah siswa di SMKN 1 Mejayan.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) pelaksanaan pembiasaan melantukan Asmaul Husna untuk menanamkan akhlakul karimah siswa di SMKN 1 Mejayan (2) faktor pendukung dan penghambat pembiasaan melantukan asmaul husna untuk menanamkan akhlakul karimah siswa di SMKN 1 Mejayan (3) implikasi pembiasaan melantukan Asmaul Husna untuk menanamkan akhlakul karimah siswa di SMKN 1 Mejayan.
Adapun penelitian ini dirancang menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengambilan data dilakukan menggunakan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Partisipan berasal dari kepala sekolah, wakasek kurikulum, guru PAI, siswa di SMKN 1 Mejayan. Data hasil penelitian kemudian dianalisis menggunakan model analisis Miles, Huberman, dan Saldana yang meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil analisis data dapat ditemukan bahwa (1) pelaksanaan pembiasaan melantukan Asmaul Husna untuk menanamkan akhlakul karimah siswa adalah kegiatan ini rutin dilaksanakan pada pagi hari pukul 06.45. Tahapannya siswa dikumpulkan dihalaman sekolah, setelah itu dapat dimulai lantunan Asmaul Husna dan dilanjutkan doa bersama. Tujuannya kegiatan ini untuk menanamkan akhlakul karimah yakni yang sesuai dengan Asmaul Husna yang bersumber pada Al-Quran dan As-Sunnah. (2) faktor pendukung dan penghambat pembiasaan melantukan asmaul husna adalah pada minat siswa, fasilitas yang layak, keaktifan guru, dan dorongan atau support kepala sekolah. Sedangkan faktor penghambatnya adalah keterlambatan siswa, kurangnya kefokusan siswa, dan lantunan dari pemimpin kurang jelas. (3) implikasi pembiasaan melantukan Asmaul Husna untuk menanamkan akhlakul karimah siswa di SMKN 1 Mejayan adalah siswa memiliki sopan santun pada guru, bertutur kata baik, rajin dalam beribadah pada Allah, dan saling sayang dengan sesama. Siswa juga meninggalkan akhlak buruk seperti kurang sopan dengan guru, berkata kotor, dan adu mulut dengan sesama.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Dr. M. Miftahul Ulum, M. Ag
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 05 Jun 2023 02:49
Last Modified: 05 Jun 2023 02:49
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23429

Actions (login required)

View Item View Item