PELAYANAN RUMAH SAKIT ISLAM SITI AISYAH MADIUN DALAM PERSPEKTIF FATWA DSN-MUI NO. 107/DSN-MUI/X/2016

Miftakhul, Najib (2023) PELAYANAN RUMAH SAKIT ISLAM SITI AISYAH MADIUN DALAM PERSPEKTIF FATWA DSN-MUI NO. 107/DSN-MUI/X/2016. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
102190021-MIFTAKHUL NAJIB-HES.pdf

Download (1MB)

Abstract

Miftakhul Najib, 2023. Pelayanan Rumah Sakit Islam Siti Aisyah Madiun Dalam Perspektif Fatwa DSN-MUI No. 107/DSN-MUI/X/2016. Skirpsi. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing M. Ilham Tanzilulloh, M.H.I
Kata Kunci/keywod: Rumah Sakit Syariah, Pelayanan Rumah Sakit Syariah, Fatwa DSN-MUI

Menurut Undang-Undang No. 44 tahun 2009 di jelaskan bahwa rumah sakit merupakan institusi pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan perorangan secara paripurna yang menyediakan pelayanan rawat inap, rawat jalan dan gawat darurat. Sedangkan Rumah sakit syariah merupakan rumah sakit yang mana seluruh aktifitasnya berdasarkan Maqāṣid Asy-syarīʿah, yaitu ḥifẓ al-dīn, ḥifẓ al-nafs, ḥifẓ al-aql, ḥifẓ al-naṣl dan ḥifẓ al-mal. Dewan Syari’ah Nasional Majelis Ulama Indonesia Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI) menimbang bahwa masyarakat memerlukan penjelasan tentang pedoman penyelenggaraan rumah sakit berdasarkan prinsip syariah. Berdasarkan hal tersebut perlu dirumuskan fatwa tentang pedoman penyelenggaraan rumah sakit berdasarkan prinsip syari’ah untuk dijadikan pedoman yakni pedoman dalam fatwa DSN-MUI No. 107/DSN-MUI/XI/2016.
Dari latar belakang di atas, penulis merumuskan masalah yang meliputi Bagaimana Sistem Pelayanan Berbasis Syariah di Rumah Sakit Islam Siti Aisyah Madiun Dalam Perspektif DSN-MUI No. 107/DSN-MUI/X2016? Dan bagaimana Faktor Pendukung dan Penghambat Implementasi Pelayanan Syariah di Rumah Sakit Islam Siti Aisyah Madiun?
Adapun jenis penelitian yang dilakukan merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sedangkan tekhnik pengumpulan data yang dilakukan penulis adalah menggunakan wawancara dan dokumentasi. Analisis yang digunakan menggunakan metode induktif, yaitu pembahasan yang diawali dengan mengemukakan dalil-dalil, teori-teori atau ketentuan yang bersifat umum dan selanjutnya dikemukakan kenyataan yang bersifat khusus.
Dari penelitian ini dapat di simpulkan Pelayanan berbais syariah Rumah Sakit Islam Siti Aisyah Madiun menurut Fatwa DSN-MUI No.107/DSN-MUI/X2016 belum dapat mewujudkan seluruh cakupan dari keseluruhan poin yang ada di dalam fatwa pelayanan yang Islami tersebut. Demi terjaganya pelayanan berbasis syariah Rumah Sakit Islam Siti Aiyah Madiun perlu meningkatkan adanya pengawasan dan evaluasi secara berkala untuk memastikan bahwa prinsip-prinsip syariah tetap terjaga

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: MUHAMMAD ILHAM TANZILULLOH
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 05 Jun 2023 01:18
Last Modified: 05 Jun 2023 01:18
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23426

Actions (login required)

View Item View Item