MANAJEMEN PROGAM TERAPAN BIDANG TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (PRODISTIK) DALAM MENINGKATKAN PENGEMBANGAN BAKAT DAN MINAT SISWA (STUDI KASUS DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 PONOROGO)

Nur'Aini, Kurnia Ika (2023) MANAJEMEN PROGAM TERAPAN BIDANG TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (PRODISTIK) DALAM MENINGKATKAN PENGEMBANGAN BAKAT DAN MINAT SISWA (STUDI KASUS DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 PONOROGO). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
206190039 SKRIPSI KURNIA IKA NUR'AINI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM.pdf

Download (3MB)

Abstract

Nur’Aini, Kurnia Ika, 2023, Manajemen Progam Terapan Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (Prodistik) dalam Meningkatkan Pengembangan Bakat dan Minat Siswa di Madrasah Aliyah Negeri 1 Ponorogo. Skripsi, Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing Dr. Muhammad Thoyib, M.Pd

Kata Kunci: Manajemen, Prodistik, Pengembangan Bakat dan Minat.

Dalam era globalisasi seperti sekarang ini, mau tidak mau kita berhubungan dengan teknologi informasi. Hal ini disebabkan oleh teknologi yang telah mempengaruhi kehidupan kita sehari-hari. Maka dari itu sebaiknya tidak buta akan teknologi. Dari banyak penelitian menunjukkan bahwa siapa yang terlambat menguasai teknologi dan informasi, maka mereka akan tertinggal pada kesempatan-kesempatan berharga untuk berkembang dan maju. Dalam hal ini, pemanfaatan TIK tidak hanya digunakan pada media pembelajaran saja. Progam TIK (Terapan Bidang Teknologi Informasi Komputer) yang bekerja sama dengan Prodistik ITS Surabaya, memberikan terobosan baru terhadap lembaga pendidikan sebagai sarana untuk mengembangkan bakat dan minat siswa. Progam PRODISTIK ITS ini merupakan sebuah progam pendidikan non-formal yang ditujukan untuk siswa kelas X-XII SMA/MA dalam bidang TIK.
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis tahapan model manajemen Prodistik melalui (1) Perencanaan Prodistik dalam meningkatkan pengembangan bakat dan minat siswa,(2) Pelaksanaan Prodistik dalam meningkatkan pengembangan bakat dan minat siswa, dan (3) Evaluasi Prodistik dalam meningkatkan pengembangan bakat dan minat siswa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, dengan teknik pengumpulan data penelitian berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi sumber data wawancara dalam penelitian ini antara lain Ketua Progam Prodistik, Sekretaris selaku Guru Prodistik, Siswa Kelas 12, dan Alumni Prodistik. Teknis analisis data dalam penelitian dilakukan dengan tiga tahapan yaitu, kondensasi data, penyajian data, dan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data pada penelitian ini menggunakan peningkatan ketekunan, triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Perencanaan prodistik dalam meningkatkan pengembangan bakat dan minat siswa di MAN 1 Ponorogo, meliputi; a) Menyiapkan sarana prasarana, b) Menyusun pengelola Prodistik, c) Menyiapkan tenaga pendidik dan tutor pembimbing, d) Jadwal pembelajaran Prodistik serta strategi pembelajaran, (2) Pelaksanaan prodistik dalam meningkatkan pengembangan bakat dan minat siswa di MAN 1 Ponorogo; a) Kegiatan perkuliahan Prodistik, b) Diklat dan workshop, c) Upgrading siswa serta upgrading guru, d) Adanya kegiatan Procommit (Prodistik Competition in IT), (3) Evaluasi Prodistik dalam meningkatkan pengembangan bakat dan minat siswa di MAN 1 Ponorogo; a) Evaluasi yang terdapat di MAN 1 Ponorogo terdapat UTS, UAS, dan TA, b) Evaluasi dari ITS memberikan monitoring baik secara langsung maupun tidak langsung seperti diadakannya kuliah tamu, c) Evaluasi pengembangan bakat dan minat siswa di MAN 1 Ponorogo yaitu berhasil mencetak siswa berprestasi salah satunya Juara 1 Film Ilmu Kesehatan Tiingkat Provinsi Jatim, Juara Favorit The Reog Tingkat Nasional.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Thoyib
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 05 Jun 2023 00:54
Last Modified: 05 Jun 2023 00:54
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23421

Actions (login required)

View Item View Item