TINJAUAN UNDANG-UNDANG NOMOR 41 TAHUN 2004 TERHADAP KINERJA NAZHIR PADA WAKAF PRODUKTIF DI MASJID AL LUGHOWI DESA BULU KECAMATAN SAMBIT KABUPATEN PONOROGO

Dwi Safitri, Nadia (2023) TINJAUAN UNDANG-UNDANG NOMOR 41 TAHUN 2004 TERHADAP KINERJA NAZHIR PADA WAKAF PRODUKTIF DI MASJID AL LUGHOWI DESA BULU KECAMATAN SAMBIT KABUPATEN PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
NADIA DWI SAFITRI_101190237_HUKUM KELUARGA ISLAM.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Safitri, Nadia Dwi 2023. Tinjauan Undang-undang Nomor 41 Tahun 2004 Terhadap Kinerja Nazhir pada Wakaf Produktif Di Masjid Al-Lughowi Desa Bulu Kecamatan Sambit Kabupaten Ponorogo. Skripsi Jurusan Hukum Keluarga Islam Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo, Pembimbing: Dr. Miftahul Huda, M. Ag.
Kata Kunci: Wakaf Produktif, Pengelolaan Wakaf, Nazhir, Pendistribusian Hasil
Disamping sebagai salah satu aspek ajaran Islam yang berdimensi spiritual, wakaf juga merupakan ajaran yang penting bagi kesejahteraan ekonomi. Dalam kaitannya dengan wakaf, nazhir merupakan salah satu peran sentral dalam pengurusan dan pengelolaan harta benda wakaf. Dalam Undang-Undang Nomor 41 Tahun 2004 tentang wakaf, nazhir memiliki beberapa kewajiban dalam melaksanakan tugasnya. Di Desa Bulu Kecamatan Sambit Kabupaten Ponorogo ini wakaf yang ada di masjid tersebut belum bisa di produktifkan, karena nazhir belum bisa mengelola secara efektif dan dialihkan kepihak ketiga. Dalam pengelolaan wakaf produktif sudah sesuai dengan Undang-Undang Nomor 41 Tahun 2004, akan tetapi hasil pemanfaatan wakaf sawah tersebut belum sesuai dengan Undang-Undang Nomor 41 Tahun 2004.
Rumusan Masalah peneliti ini yaitu: Pertama, Bagaimana tinjauan Undang-undang Nomor 41 Tahun 2004 terhadap Kinerja Nazhir dalam mengadministrasikan Tanah Wakaf Produktif di Masjid Al-Lughowi Desa Bulu Kecamatan Sambit Kabupaten Ponorogo. Kedua, Bagaimana tinjauan Undang-undang Nomor 41 Tahun 2004 terhadap Kinerja Nazhir dalam memproduktifkan Tanah Wakaf di Masjid Al-Lughowi Desa Bulu Kecamatan Sambit Kabupaten Ponorogo. Ketiga, Bagaimana tinjauan Undang-undang Nomor 41 Tahun 2004 terhadap Kinerja Nazhir dalam pendistribusian manfaat hasil Tanah Wakaf Produktif di Masjid Al-Lughowi Desa Bulu Kecamatan Sambit Kabupaten Ponorogo.
Penelitian skripsi ini menggunakan jenis penilitian field research (penelitian lapangan) yang hakekatnya merupakan metode untuk menemukan secara khusus dan realistis yang tengah terjadi pada masyarakat. Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan normatif yaitu penelitian hukum yang dikonsepkan sebagai apa yang yang tertulis dalam peraturan Undang- Undang (law in book) atau hukum dikonsepkan sebagai kaidah atau norma yang merupakan perilaku manusia yang dianggap pantas.
Dari penelitian ini dapat ditarik kesimpulan, (1) Kinerja nazhir dalam pengadministrasian harta wakaf di Masjid AL-Lughowi adalah sudah memperoleh sertifikat tanah wakaf, pensertifikatan tanah tersebut menunjukkan bahwa nazhir sudah mengimplementasikan atau melaksanakan salah satu tugasnya dalam hal pengadministrasian dan sudah mengikararkan tanah wakaf tersebut sehingga sudah memperoleh Akta Ikrar Wakaf. (2) Terkait pengelolaan wakaf produktif Masjid Al-Lughowi pengelolaannya kurang maksimal dikarenakan nazhir tidak menindak lanjuti bagaimana perkembangan tanah wakaf yang dikelola tersebut, ditinjau dari tugas Nazhir dimana dia berkewajiban menjaga, mengembangkan dan melestarikan manfaat harta wakaf.(3) Pendistribusian Hasil dari tanah wakaf produktif kurang berdampak terhadap perekonomian masyarakat dan peningkatan potensi dalam perkembangan. sehingga kurang sesuai dengan Pasal 5 yang menyebutkan bahwa berfungsi untuk mewujudkan potensi dan manfaat ekonomis harta benda wakaf untuk kepentingan ibadah dan untuk memajukan kesejahteraan umum

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mifathul Huda
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 05 Jun 2023 00:57
Last Modified: 05 Jun 2023 00:57
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23414

Actions (login required)

View Item View Item