Larangan Pernikahan Warga Desa Nglewan Dengan Desa Bedingin Kecamatan Sambit Kabupaten Ponorogo Perspektif 'Urf

Nafiah, Rosyikhotun (2023) Larangan Pernikahan Warga Desa Nglewan Dengan Desa Bedingin Kecamatan Sambit Kabupaten Ponorogo Perspektif 'Urf. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
Skripsi-Rosyikhotun Nafiah-101190167.pdf

Download (1MB)

Abstract

Nafiah, Rosyikhotun. 2023. Larangan Pernikahan Warga Desa Nglewan Dengan Desa Bedingin Kecamatan Sambit Kabupaten Ponorogo. Skripsi Jurusan Hukum Keluarga Islam Fakultas Syari’ah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Septiyan Hudan Fuadi, M.E.Sy.
Kata Kunci/ keywords: Pernikahan, Larangan Pernikahan, ‘Urf,
Ketentuan larangan perkawinan dalam agama islam terbagi dua, yaitu larangan pernikahan mah}ram muabbad (selamanya) meliputi: dilarang melakukan pernikahan karena ada hubungan nasab, adanya pertalian kerabat semenda, dan adanya hubungan sepersusuan. Ketentuan yang kedua yaitu mah}ram muaqqat (larangan pernikahan ini bersifat sementara sementara) meliputi: Wanita saudara istri, istri orang lain, Wanita dalam masa iddah, seorang Wanita yang tidak beragama islam, dan lain sebagainya. Kemudian dalam adat berkembang suatu tradisi larangan pernikahan, dimana tradisi larangan pernikahan tersebut tidak sesuai dengan ketentuan larangan pernikahan dalam islam. Salah satunya yaitu tradisi larangan pernikahan antara warga Desa Nglewan dengan Desa Bedingin Kecamatan Sambit Kabupaten Ponorogo.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana tinjauan ‘urf terhadap alasan dilarangnya pernikahan antara warga Desa Nglewan dengan Desa Bedingin Kecamatan Sambit Kabupaten Ponorogo? (2) Bagaimana tinjauan ‘urf terhadap sikap masyarakat tentang larangan pernikahan Desa Nglewan dengan Desa Bedingin Kecamatan Sambit Kabupaten Ponorogo?
Adapun skripsi ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research) yang berlokasi di Desa Nglewan dan Desa Bedingin Kecamatan Sambit Kabupaten Ponorogo. Sedangkan Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi.
Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan: (1) Bahwa tinjauan ‘urf terhadap alasan dilarangnya pernikahan warga Desa Nglewan dengan Desa Bedingin termasuk dalam kategori ‘urf fasid karena tidak dapat diterima oleh akal sehat dan bertentangan dengan syara’ (2) Bahwa sikap masyarakat terhadap larangan pernikahan Desa Nglewan dengan Desa Bedingin dilihat dari aspek ‘urf termasuk dalam kategori ‘urf fasid karena sikap mereka bertentangan dengan syara’, yaitu mempercayai musibah serta kematian datang selain dari Allah SWT.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Septiyan Hudan Fuadi
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 05 Jun 2023 02:53
Last Modified: 05 Jun 2023 02:53
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23400

Actions (login required)

View Item View Item