Implementasi Higher Order Thinking Skills Dalam Proses Pembelajaran Dan Penilaian PAI Di SMA Bakti Ponorogo

Via, Selvia Alif (2023) Implementasi Higher Order Thinking Skills Dalam Proses Pembelajaran Dan Penilaian PAI Di SMA Bakti Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
201190458_Selvia Alif Via_Pendidikan Agama Islam.pdf

Download (1MB)

Abstract

Via, Selvia Alif. 2023. Implementasi Higher Order Thinking Skills dalam Proses Pembelajaran dan Penilaian PAI di SMA Bakti Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Dr. Basuki, M.Ag.
Kata Kunci: Higher Order Thinking Skills, Pembelajaran, Penilaian PAI.

HOTS atau keterampilan berpikir tingkat tinggi merupakan kemampuan dalam berpikir kritis, kreatif, metakognitif, dan inovatif. Keterampilan berpikir tinggi sangat dibutuhkan pada abad 21 karena ilmu pengetahuan yang semakin berkembang sesuai dengan tuntutan zaman. SMA Bakti Ponorogo merupakan salah satu sekolah yang telah menerapkan kurikulum 2013 dengan pembelajaran yang berorientasi pada HOTS. Kepala Sekolah SMA Bakti juga memberikan perhatian khusus terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik karena sebagai tuntutan skill yang harus mereka miliki pada abad 21. Maka dari itu, Kepala Sekolah menghimbau agar semua guru SMA Bakti khususnya guru PAI menerapkan HOTS dalam proses pembelajaran dan penilaian. Dengan menerapkan HOTS dalam proses pembelajaran dan penilaian pada mata pelajaran PAI maka akan melatih peserta didik untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritisnya agar nantinya mereka dapat menyelesaikan permasalahan dalam kehidupannya sehingga peserta didik mampu membuat keputusan dengan dasar ilmu pengetahuan agama Islam yang telah diajarkan oleh guru di kelas.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan kegiatan yang dilakukan guru sebelum menerapkan pembelajaran dan penilaian HOTS di SMA Bakti Ponorogo, (2) Mendeskripsikan implementasi HOTS dalam proses pembelajaran PAI di SMA Bakti Ponorogo, (3) Mendeskripsikan implementasi HOTS dalam Penilaian PAI di SMA Bakti Ponorogo.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif yang bersifat studi lapangan (field research) dan menggunakan model penelitian deskriptif kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data wawancara dalam penelitian ini dengan Kepala Sekolah, guru PAI, dan peserta didik kelas XII MIPA. Sedangkan untuk teknis analisis data dilakukan dengan tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan atau verifikasi. Pengecekan keabsahan data pada penelitian ini dengan menggunakan peningkatan ketekunan, diskusi sejawat, dan tiangulasi.
Hasil Penelitian yang diperoleh: (1) Kegiatan guru PAI sebelum menerapkan pembelajaran dan penilaian HOTS kepada peserta didik yaitu mengikuti kegiatan workshop mengenai pembelajaran HOTS dan penyusunan soal HOTS yang diadakan di SMA Bakti pada setiap tahun awal pembelajaran bersama dengan tim pengembang kurikulum serta melakukan kegiatan perencanaan sebelum melakukan proses pembelajaran dengan menyusun RPP berbasis HOTS sebagai pedoman guru dalam proses pembelajaran. (2) Implementasi HOTS dalam pembelajaran PAI dilakukan oleh guru dengan cara menerapkan langkah-langkah pembelajaran dalam RPP yang meliputi: kegiatan pendahuluan atau appersepsi, kegiatan inti: mengamati, menanya C-6, mengumpulkan informasi, mengasosiasi C-4, dan mengkomunikasikan C-5 serta kegiatan penutup dengan menggunakan strategi pembelajaran problem based learning. (3) Implementasi HOTS dalam penilaian PAI dilakukan oleh guru dengan melakukan penilaian pada aspek kognitif atau pengetahuan dengan cara guru memberikan soal berupa tes menggunakan stimulus faktual berbasis kontekstual dengan tingkatan C-4, C-5 dan C-6.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Basuki
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 05 Jun 2023 02:55
Last Modified: 05 Jun 2023 02:55
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23396

Actions (login required)

View Item View Item