KAJIAN ILMU DALAM SURAT AL-'ALAQ AYAT 1-5 (Perspektif Ontologis, Epistimologis dan Aksiologis dalam Tafsir Mishbah)

Munawaroh, Silvia Fitri (2023) KAJIAN ILMU DALAM SURAT AL-'ALAQ AYAT 1-5 (Perspektif Ontologis, Epistimologis dan Aksiologis dalam Tafsir Mishbah). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
SKRIPSI_SILVIA FITRI MUNAWAROH_201190460.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK

Kata Kunci: Surat Al-‘Alaq Ayat 1-5, Ontologis, Epistimologis, Aksiologis, Tafsir Misbah.

Ilmu pengetahuan merupakan anugerah yang Allah berikan kepada manusia sebagai hasil dari proses belajar dan keingintahuannya akan sesuatu. Allah memberikan kemampuan secara jasmani, rohani dan kemampuan berfikir yang membedakannya dengan makhluk-makhluk lainnya. Allah mewahyukan Al-Qur’an sebagai petunjuk dan pedoman manusia dalam menjalankan tugasnya sebagai khalifah di bumi. Perintah membaca dan menulis merupakan sarana bagi manusia untuk memperoleh ilmu pengetahuan dan menelaah lebih dalam akan segala sesutu yang ada di alam semesta ini. Dalam Al-Qur’an banyak sekali ayat yang membahas pentingnya menuntut ilmu dan manfaatnya. Pada penelitian ini peneliti memilih surat Al-‘Alaq ayat 1-5 dengan meggunakan penjelasan tafsir Al-Mishbah.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis konsep ilmu yang terkandung dalam surat Al-‘Alaq ayat 1-5 perspektif onologis, epistimologis dan aksiologis. Dimana dalam penelitian ini peneliti mengambil penjelasan dari tafsir Al-Mishbah karya Dr. Quraish Shihab.
Adapun penelitian ini penulis mengunakan pendekatan historis filosofis dan pendekatan kajian ilmu filsafat. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitiaan kepustakaan (library research) yang mana sumber data penelitian ini berasal dari naskah-naskah atau buku-buku yang bersumber dari kajian kepustakaan.
Berdasarkan penelitian ini diditemukan hasil mengenai konsep ilmu dalam surat Al-‘Alaq ayat 1-5 perspektif ontologis, eipstimologis dan aksiologis. Menurut kajian ilmu yang terdapat pada surat Al-‘Alaq ayat 1-5 dalam tafsir Misbah tidak terdapat adanya dikotomi ilmu (antara ilmu agama dan umum) dan semua ilmu wajib dipelajari baik yang bersifat material maupun nonmaterial. Ilmu pengetahuan dapat diperoleh dengan usaha (bi al-qolam) dan dengan doa (bidūni al-qolam). Tujuan akhir dari proses mencari ilmu pengetahuan adalah untuk lebih mengenal dan mendekatkan diri kepada Allah SWT serta mendapatkan ridho-Nya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Basuki
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 05 Jun 2023 02:44
Last Modified: 05 Jun 2023 02:44
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23394

Actions (login required)

View Item View Item