Transaksi Bisnis Game Axie Infinity Ditinjau dari Etika Bisnis Islam (Studi pada Komunitas Axie Family Kecamatan Bungkal)

Rahma, Mevianti Nur (2023) Transaksi Bisnis Game Axie Infinity Ditinjau dari Etika Bisnis Islam (Studi pada Komunitas Axie Family Kecamatan Bungkal). Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
501210017_MEVIANTI NUR RAHMA_S2 EKONOMI SYARIAH.pdf

Download (2MB)

Abstract

Game online yang mengusung tema gerakan play-to-earn menjadi fenomena yang belakangan ini muncul di industri game, hal ini karena para pemain game bisa memanfaatkan game tersebut untuk sebuah bisnis. Salah satu game yang bisa menghasilkan dan berkembang menjadi bisnis adalah game Axie Infinity. Dalam transaksi bisnis game tersebut, pada marketplace Axie Infinity seluruhnya berjalan pada ekosistem game sehingga cenderung ada unsur transaksi yang tidak jelas, transaksi bisa dikatakan spekulatif karena penghasilan pemain yang tidak menentu. Pada transaksi bisnis game Axie Infinity, kedua transaksi bisnis dilakukan tidak dengan transparan pada penentuan harga yang akan didapatkan karena calon pemain tidak mengetahui rincian yang jelas dari ketua komunitas maupun pengembang game. Transaksi yang tidak jelas, bersifat spekulatif dan juga tidak ada transparansi harga seperti ini bisa dikatakan telah melanggar prinsip pada etika bisnis Islam. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana transaksi bisnis game Axie Infinity ditinjau dari etika bisnis Islam, menurut pandangan teori etika bisnis Islam Syed Nawab Haider Naqvi, Apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi transaksi bisnis game Axie Infinity, serta Bagaimana dampak sosial ekonomi yang diakibatkan adanya transaksi bisnis game Axie Infinity.
Penelitian dilaksanakan di Kecamatan Bungkal Kabupaten Ponorogo, khususnya pada pemain game Axie Infinity yang tergabung dalam komunitas Axie Family. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan penelitian lapangan berdasarkan analisis data yang diperoleh dari pengumpulan data yang berupa wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa 1) Praktik transaksi bisnis pada game Axie Infinity dilakukan dengan dua cara, yaitu melalui marketplace Axie Infinity dan melalui perantara ketua komunitas Axie Family. Kedua cara transaksi bisnis tersebut bertentangan dengan prinsip atau aksioma etika bisnis Islam, yakni tidak sesuai dengan prinsip tauhid, keseimbangan atau keadilan, kehendak bebas, dan tanggungjawab. 2) Faktor-faktor yang mempengaruhi transaksi bisnis game Axie Infinity pada Komunitas Axie Family antara lain faktor interpretasi terhadap hukum, faktor organisasional, dan faktor individu atau situasi kondisi tertentu. 3) Permainan Game Axie Infinity yang terus dilakukan oleh pemain memiliki dampak bagi para pemain game. Dampak dapat berupa dampak pada aspek ekonomi, sosial, dampak pada segi kesehatan jasmani, segi psikologi, segi waktu, dan segi keuangan. Secara umum, bisnis tersebut memang berdampak pada pertambahan penghasilan pemain, namun penghasilan yang didapat tidak menentu dan beresiko pada kerugian pemain.
Kata Kunci: Transaksi Bisnis, Play to Earn, Game Axie Infinity, Etika Bisnis Islam

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: 1. Ely Masykuroh 2. Amin Wahyudi
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 05 Jun 2023 02:43
Last Modified: 05 Jun 2023 02:43
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23393

Actions (login required)

View Item View Item