Tinjauan Hukum Islam Terhadap Transaksi Jual Beli Dengan Koin Kayu Di Peken Lawas Candimulyo Dolopo

Azza, Nala Rohmatul (2023) Tinjauan Hukum Islam Terhadap Transaksi Jual Beli Dengan Koin Kayu Di Peken Lawas Candimulyo Dolopo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
102190147_NALA ROHMATUL AZZA_HUKUM EKONOMI SYARIAH.pdf

Download (1MB)

Abstract

Hukum Islam mengatur hubungan antar manusia untuk bermuamalah dengan jalan yang benar. Muamalah adalah suatu aktivitas yang dilakukan oleh seseorang dengan orang lain untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, salah satunya adalah transaksi jual beli dengan koin kayu di Peken Lawas Candimulyo Dolopo. Sistem pembayarannya dilakukan dengan menggunakan koin kayu. Koin kayu sendiri tidak termasuk jenis mata uang cek, kartu kredit dan juga tidak termasuk barang yang bisa digunakan untuk barter. Setelah pasar selesai pedagang akan menukarkan koin kayu yang diperoleh kepada pengelola pasar dan dikenakan potongan 5% disetiap penukaran koin kayu yang diambil dari perolehan penghasilan pedagang.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap sistem transaksi jual beli dengan koin kayu di Peken Lawas Candimulyo Dolopo? (2) Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap retribusi pengelolaan pasar persentase penghasilan pedagang dengan potongan 5% di Peken Lawas Candimulyo Dolopo?
Adapun penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode induktif, yaitu pembahasan yang dimulai dengan mengemukaan fakta-fakta empirik yang bersifat khusus kemudian ditarik generalisasi yang bersifat umum (penjelasan teoritis).
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa praktik jual beli dengan koin kayu di Peken Lawas Candimulyo Dolopo diperbolehkan dan hukumnya sah. Karena terpenuhinya rukun dan syarat jual beli nilai tukar yakni adanya kesepakan antara kedua belah pihak, diserahkan pada waktu akad dan barang yang dijadikan nilai tukar bukan barang yang di haramkan oleh syara. Kemudian praktik seewa-menyewa di Peken Lawas Candimulyo Dolopo terdapat ketidaksesuaian antara maksud diawal dengan implementasinya dilapangan dan adanya tidak terpenuhinya rukun dan syarat dari sewa-menyewa. Sehingga retribusi pengelolaan pasar persentase penghasilan pedagang dengan potongan 5% di Peken Lawas Candimulyo Dolopo tidak memenuhi syarat Hukum Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: KHOTIFATUL DEFI NOVITASARI
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 05 Jun 2023 02:42
Last Modified: 05 Jun 2023 02:42
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23391

Actions (login required)

View Item View Item