Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Inklusi ( Studi Kasus SMPN 2 Satu Atap Jambon Ponorogo )

Mufaridah, Zainatul (2023) Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Inklusi ( Studi Kasus SMPN 2 Satu Atap Jambon Ponorogo ). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
201190478_ZAINATUL MUFARIDAH_PAI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Setiap peserta didik berhak menerima sebuah pendidikan tanpa melihat latar belakang yang mereka alami, berdirinya lembaga pendidikan SMPN 2 Satu Atap Jambon Ponorogo merupakan wujud pendidikan dengan penerapan pembelajaran berbasis inklus, hal ini disebabkan banyaknya peserta didik berkebutuhan khusus dan kondisi lingkungan masyarakat. Dengan adanya sistem inklusi maka peserta didik dapat memperoleh ilmu bersamaan dengan peserta reguler lainnya dalam ruangan yang sama. Salah satunya dalam mempelajari materi Pendidikan Agama Islam.
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Inklusi di SMPN 2 Satu Atap Jambon Ponorogo, dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Inklusi, faktor pendukung dan penghambat serta dampak positif terselenggaranya Pendidikan Agama Islam Berbasis Inklusi di SMPN 2 Satu Atap Jambon Ponorogo.
Pendekatan penelitian ini menggunakan kualitatif, jenis penelitian studi kasus, kasus dalam penelitian pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis inklusi di SMPN 2 Satu Atap Jambon Ponorogo. Data penelitian ini dikumpulkan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Serta teknik analisis data menggunakan teknik interaktif Miles, Huberman And Saldana berupa kondensasi data, penyajian data serta menarik kesimpulan.
Hasil penelitian menyimpulkan: proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Inklusi diawali dari tugas guru, menyusun perangkat pembelajaran sesuai dengan kemampuan peserta didik. Proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Inklusi di SMPN 2 Satu Atap Jambon Ponorogo dilaksanakan sesuai dengan pedoman pembelajaran inklusi dengan model pendidikan kelas reguler dan pull out. dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam guru memodifikasi pembelajaran sesuai dengan kebutuhan peserta didik, Faktor pendukung: keterlibatan seluruh pihak warga sekolah dalam mensukseskan sistem pendidikan inklusi, peranan pemerintah dalam mendukung sistem inklusi dengan menggeluarkan, adanya campur tangan stakeholder dalam menyediakan pendidikan di antaranya kegiatan ekstra dan kerohanian serta kerjasama komite dan dinas kesehatan. Faktor penghambat: kurangnya dana pengembangan sehingga berimbas pada kurangnya sarana prasarana, minimnya sumber daya manusia yang mampu menyampaikan pembelajaran melalui media, kurangnya kreatifitas masyarakat untuk menyediakkan media pendidikan, kesulitan peserta didik dalam mendapatkan produk media pendidikan yang dibutuhkan, Dampak positif: peserta didik memperoleh hak mendapatkan pendidikan, dan memberi kesempatan peserta didik belajar sesuai dengan potensinya, sehingga mempermudah peserta didik untuk melanjutkan bersekolah ke jenjang yang lebih tinggi.

Kata Kunci : Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Berbasis Inklusi

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Moh. Miftachul Choiri
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 05 Jun 2023 02:40
Last Modified: 05 Jun 2023 02:40
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23386

Actions (login required)

View Item View Item