LARANGAN ORANG TUA TERHADAP PERNIKAHAN ANAK YANG BELUM MEMILIKI PEKERJAAN Di DESA SEMEN KECAMATAN PARON KABUPATEN NGAWI

Putri, Dea Ananda (2023) LARANGAN ORANG TUA TERHADAP PERNIKAHAN ANAK YANG BELUM MEMILIKI PEKERJAAN Di DESA SEMEN KECAMATAN PARON KABUPATEN NGAWI. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
101190025_DEA ANANDA PUTRI_HKI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Ananda Putri, Dea 2023. Larangan Orang Tua Terhadap Pernikahan Anak Yang Belum Memiliki Pekerjaan di Desa Semen Kecamatan Paron Kabupaten Ngawi. Skripsi Jurusan Hukum Keluarga Islam Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Sirojudin Ahmad, S.Ag., M.H
Kata Kunci: Larangan Orang Tua, Konsep Ijbar dan Hak Anak
terdapat kesenjangan antara teori hukum Islam dengan praktek di lapangan, dimana banyak orang tua yang menolak mengawinkan anaknya dengan alasan jodoh yang dipilih oleh anak tidak memenuhi kriteria yang diinginkan oleh orang tua, seperti tidak memiliki penghasilan. Orang tua khawatir anak-anak mereka tidak dapat menghidupi istri dan anak-anak mereka tetapi dalam hukum Syariah tidak ada larangan bahwa seseorang yang tidak memiliki penghasilan tetap tidak diperbolehkan menikah. Akibat anak laki-lakinya menunda untuk menikah dikarenakan belum mendapat restu dari orang tuanyaPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja alasan orang tua melarang anaknya menikah sebelum memiliki pekerjaan, dan bagaimana perspektif hukum Islam terhadap sikap orang tua yang melarang anaknya menikah sebelum memiliki pekerjaan di desa Semen Kecamatan Paron Kabupaten Ngawi.
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana pertimbangan orang tua dalam melarang anak yang ingin menikah sebelum bekerja dan implikasinya perspektif hukum Islam dan apa dampak larangan anak menikah sebelum bekerja terhadap hak-hak anak perspektif hukum Islam.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research), dengan menggunakan metode deduktif, dan deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder yang kemudian dianalisis menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Sedangkan pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini, 1) Pertimbangan orang tua di Desa Semen Kecamatan Paron Kabupaten Ngawi dalam melarang anak yang ingin menikah sebelum bekerja meliputi: a) untuk menyamakan status sosial di antara kedua belah pihak keluarga, b) agar kehidupan anaknya pasca menikah terjamin dan tidak hidup susah, c) pihak orang tua merasa terbebani setelah menikahkan anaknya. 2) Fenomena yang terjadi di Desa Semen berupa orang tua melarang anaknya menikah karena belum memiliki pekerjaan memiliki dampak positif dan negatif. a) Dampak Positif (1) Anak bisa lebih fokus pada pendidikan atau karirnya, (2) Anak dapat lebih siap secara finansial, b) Dampak Negatif (1) Merampas hak anak untuk memilih pasangan hidup, (2) Meningkatkan tekanan psikologis pada anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Sirojudin Ahmad
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 05 Jun 2023 02:29
Last Modified: 05 Jun 2023 02:29
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23383

Actions (login required)

View Item View Item