Implementasi Prinsip Sharia Compliance Dalam Optimalisasi Pembiayaan Mikro Express Pada BPRS Mitra Mentari Sejahtera Ponorogo

Pribadi, Ivan Sulistyo (2023) Implementasi Prinsip Sharia Compliance Dalam Optimalisasi Pembiayaan Mikro Express Pada BPRS Mitra Mentari Sejahtera Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
402190225_Ivan Sulistyo Pribadi_Perbankan Syariah.pdf

Download (3MB)

Abstract

BPRS Mitra Mentari Sejahtera Ponorogo merupakan salah satu bank syariah yang memiliki pembiayaan dengan menerapkan akad murabahah. Akad ini dipakai salah satunya pada produk Mikro Express yang menyasar pedagang-pedagang pasar sebagai target nasabah utama. Namun pada praktiknya, terdapat beberapa hal yang kurang sesuai sebagaimana implementasi akad murabahah yang seharusnya. Berdasarkan temuan lapangan tersebut, rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu menganalisis implementasi prinsip sharia compliance pada pembiayaan murabahah, menganalisis kendala dari implementasi prinsip sharia compliance pada pembiayaan murabahah, dan menganalisis upaya apa saja yang dilakukan untuk mengatasi kendala tersebut.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang dilakukan dengan mengumpulkan data secara langsung dari objek yang diteliti guna memperoleh data-data yang dibutuhkan serta gambaran permasalahan yang sesungguhnya terjadi. Dalam melakukan penelitian ini, peneliti menggunakan jenis pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dengan narasumber yang merupakan pegawai dan nasabah BPRS Mitra Mentari Sejahtera Ponorogo. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder.
Hasil dari penelitian ini terdiri dari tiga poin. Pertama, akad pokok yang diterapkan pada pembiayaan Mikro Express adalah murabahah yang pada praktiknya memiliki beberapa penyesuaian demi tercapainya keoptimalan dalam penyaluran pembiayaan. Kedua, kendala yang terjadi di lapangan dipicu oleh kurang praktis dan cepatnya implementasi akad apabila pihak bank harus menjadi pihak penjual objek murabahah. Pada pembiayaan Mikro Express, kecepatan adalah aspek yang diutamakan. Kendala lain seperti kurang pahamnya nasabah juga menjadi faktor implementasi akad murabahah menjadi kurang optimal. Ketiga, upaya untuk mengatasi kendala yang ada, yakni dengan memakai akad pelengkap wakalah sehingga bisa memangkas proses pembelian barang oleh bank. Pembelian barang sepenuhnya diserahkan kepada nasabah untuk membeli sendiri barang yang diinginkan

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Fibrianis Puspita Anhar
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 05 Jun 2023 02:38
Last Modified: 05 Jun 2023 02:38
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23382

Actions (login required)

View Item View Item