Manajemen Waktu Peserta Didik dalam Kegiatan Pondok Pesantren dan Tugas Akademik di MA Miftahul Ulum Pucang Kradinan Madiun

Rufaida, Efrina (2023) Manajemen Waktu Peserta Didik dalam Kegiatan Pondok Pesantren dan Tugas Akademik di MA Miftahul Ulum Pucang Kradinan Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
E-thesis_201190348_Efrina Rufaida.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang terjadi yaitu banyaknya kegiatan yang dilakukan oleh peserta didik sekaligus sebagai santri di pondok pesantren. Mereka diharuskan mampu mengatur waktu untuk melakukan kegiatan di pondok pesantren maupun menyelesaikan tugas akademik yang diberikan oleh madrasah. Sehingga dalam hal ini peserta didik perlu memiliki strategi yang tepat dalam memanajemen waktu.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis strategi peserta didik dalam upaya mengatur keseimbangan waktu antara kegiatan pondok pesantren dengan tugas akademik di MA Miftahul Ulum Pucang Kradinan Madiun; (2) mengidentifikasi faktor yang memengaruhi penyeimbangan manajemen waktu antara kegiatan pondok pesantren dengan tugas akademik; (3) menganalisis dampak penerapan keseimbangan manajemen waktu antara kegiatan pondok pesantren dengan tugas akademik.
Adapun penelitian ini dirancang menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskripstif. Pengambilan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data hasil penelitian dianalisis dengan model analisis Mathew B. Miles meliputi kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa (1) Strategi manajemen waktu dapat dilakukan dengan: pertama, membuat daftar atau jadwal kegiatan. Kedua, memilih waktu optimal untuk menyelesaikan tugas. Ketiga, melaksanakan kegiatan sesuai skala prioritas. Keempat, memilih tempat nyaman untuk menyelesaikan tugas. Kelima, pendelegasian. Keenam, mampu membedakan kegiatan sesuai tingkat kepentingannya. (2) Faktor-faktor yang memengaruhi manajemen waktu yaitu faktor penghambat dan faktor pendukung. Faktor penghambatnya yaitu pertama, menunda-nunda kegiatan. Kedua, perkiraan waktu yang telah dibuat tidak sesuai realita. Ketiga, tidak maksimal menetapkan skala prioritas. Faktor pendukungnya yaitu pertama, memiliki tujuan yang jelas. Kedua, motivasi memanajemen waktu dengan baik. Ketiga, motivasi untuk memperbaiki diri. Keempat, keinginan untuk disiplin. (3) Dampak penerapan keseimbangan manajemen waktu antara kegiatan pondok pesantren dengan tugas akademik, yaitu: pertama, dapat melaksanakan kegiatan sesuai dengan tingkatan prioritasnya. Kedua, memiliki kondisi fisik dan psikologis yang baik. Ketiga, tercipta rasa tenang dan nyaman. Keempat, produktif dalam kehidupan. Kelima, prestasi yang dimiliki menjadi lebih meningkat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Wahid Hariyanto
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 05 Jun 2023 02:36
Last Modified: 05 Jun 2023 02:36
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23380

Actions (login required)

View Item View Item