Tinjauan Hukum Islam Terhadap Transaksi Shopee PayLater Oleh Kalangan Mahasiswa IAIN Ponorogo

Saputri, Aurila Hardila (2023) Tinjauan Hukum Islam Terhadap Transaksi Shopee PayLater Oleh Kalangan Mahasiswa IAIN Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
AURILA HARDILA SAPUTRI 102190058.pdf

Download (3MB)

Abstract

Shopee PayLater saat ini banyak digunakan oleh mahasiswa, salah satunya adalah mahasiswa IAIN Ponorogo. Shopee PayLater adalah solusi pinjaman instan yang diterbitkan oleh Shopee yang memberikan kemudahan bagi pengguna untuk bayar belanjaan dalam 1 bulan, atau dengan cicilan 2, 3, dan 6 bulan. Praktik jual beli menggunakan Shopee PayLater terdapat terdapat bunga sekecil-kecilnya 2,95% dari total pembayaran, sehingga adanya aturan tersebut tidak jelas karena hanya disebutkan batas minimal. Selain adanya bunga, Shopee PayLater juga mengenakan denda keterlambatan sebesar 5% per bulan dari seluruh total tagihan yang telah jatuh tempo. Shopee PayLater masih menjadi problem terkait hukumnya karena besaran bunga tidak disebutkan sebelumnya dalam syarat dan ketentuan maupun dalam rincian checkout dan rincian tagihan.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap transaksi Shopee PayLater oleh kalangan mahasiswa IAIN Ponorogo? Bagaimana tinjauan hukum Islam terkait dampak hukum Shopee PayLater oleh mahasiswa IAIN Ponorogo?
Adapun skripsi ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan empiris. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan wawancara, dokumentasi, dan observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik deskriptif analisis dengan pola pikir induktif, yaitu teknik analisa dengan cara memaparkan data apa adanya.
Dari penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa mekanisme akad praktik jual beli menggunakan Shopee PayLater secara garis besar sudah terpenuhi rukun jual belinya. Namun ada persyaratan yang memungkinkan mengakibatkan kerugian salah satu pihak yaitu pembeli. Karena syarat tersebut berpotensi mengandung gharar, sehingga hukum transaksinya menjadi fasid atau rusak. Kedua, transaksi Shopee PayLater di aplikasi Shopee adalah tidak sah, sehingga transaksi dengan menggunakan Shopee PayLater oleh masyarakat termasuk mahasiswa dilarang. Karena mengakibatkan kerugian, perilaku konsumtif, gharar, dan sebagainya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muh. Maksum
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 05 Jun 2023 02:33
Last Modified: 05 Jun 2023 02:33
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23378

Actions (login required)

View Item View Item