..(TAMBAHKAN STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN, GUNAKAN SCAN WARNA PADA LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN, UPLOAD ULANG)..Konflik Dalam Praktik Poligami Dua Saudara Kandung Di Desa Gonggang Kecamatan Poncol Kabupaten Magetan

Rahmawati, Hanik (2023) ..(TAMBAHKAN STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN, GUNAKAN SCAN WARNA PADA LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN, UPLOAD ULANG)..Konflik Dalam Praktik Poligami Dua Saudara Kandung Di Desa Gonggang Kecamatan Poncol Kabupaten Magetan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
HANIK RAHMAWATI - 101180150 - HUKUM KELUARGA ISLAM.pdf

Download (3MB)

Abstract

Fenomena konflik dalam rumah tangga tentunya sangat beragam, mulai dari perbedaan pendapan dan pandangan sampai adanya kekerasan didalamnya. Dalam keluarga yang berpoligami tentunya memiliki konflik yang tidak sama seperti keluarga monogami. Dalam keluarga yang berpoligami, sebelum poligami itu terjadi sendiri sudah menimbulkan konflik diantaranya adanya konflik antara suami dan istri pertama dalam masalah izin poligami yang sah, apalagi jika poligami itu tidak sah tentunya ada banyak sekali konflik yang terjadi. Sama halnya praktik poligami yang terjadi di Desa Gonggang Kecamatan Poncol Kabupaten Magetan. Dimana praktik poligami tersebut memiliki konflik yang menarik untuk dibahas serta dampak dari konflik yang terjadi pada saat itu.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana latar belakang terjadinya praktik poligami dua saudara kandung di Desa Gonggang Kecamatan Poncol Kabupaten Magetan? Dan Bagaimana dampak terhadap praktik poligami dua saudara kandung di Desa Gonggang Kecamatan Poncol Kabupaten Magetan?
Adapun jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah kajian lapangan (field research). Penelitian ini dilakukan dengan cara mendeskripsikan dan menganalisis data yang dinyatakan dalam bentuk kalimat atau kualitatif. Metode yang digunakan penulis dalam menganalisis data-data yang sudah diperoleh penulis adalah menggunakan metode observasi atau wawancara terhadap narasumber yang bersangkutan.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa latar belakang terjadinya praktik poligami dua saudara kandung di Desa Gonggang Kecamatan Poncol Kabupaten Magetan disebabkan karena suami merasa kurang kasih sayang dari istrinya sehingga suami memiliki rasa ketertarikan kepada adik iparnya dan juga karena lemahnya iman dari suami hingga memaksa berhubungan badan dengan adik iparnya hingga hamil. Dampak terhadap praktik poligami yang terjadi di Desa Gonggang Kecamatan Poncol Kabupaten Magetan memiliki dampak secara langsung mau tidak langsung. Konflik yang terjadi dalam praktik poligami dua saudara kandung di Desa Gonggang Kecamatan Poncol Kabupaten Magetan termasuk dalam konflik destruktif. Konflik destruktif akan muncul dalam bentuk kehancuran pada semua sisi, seperti kehancuran tata sosial dan fisik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Abid Rohmanu
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 05 Jun 2023 02:30
Last Modified: 05 Jun 2023 02:30
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23373

Actions (login required)

View Item View Item