TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP TRANSAKSI JUAL BELI IKAN LELE MELALUI MAKELAR DI DESA SEMANDING KECAMATAN KAUMAN KABUPATEN PONOROGO

Julian, Ganteng (2023) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP TRANSAKSI JUAL BELI IKAN LELE MELALUI MAKELAR DI DESA SEMANDING KECAMATAN KAUMAN KABUPATEN PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
GANTENG JULIAN-102190012-HUKUM EKONOMI SYARIAH (2).pdf

Download (2MB)

Abstract

Julian, Ganteng. 2023. Tinjauan Hukum Islam terhadap Transaksi Jual Beli Ikan Lele melalui Makelar di Desa Semanding Kecamatan Kauman Kabupaten Ponorogo. Skripsi. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Lia Noviana, M.H.I
Kata Kunci/keywords: Hukum Islam, Jual Beli, Praktik, Makelar
Jual beli merupakan transaksi yang berlangsung dengan adanya ijab dan qabul. Dalam hukum Islam mengatur mengenai rukun dan syarat sahnya jual beli baik dalam urusan kepentingan sendiri maupun untuk kemaslahatan umum. Permasalahan mengenai jual beli sangat beragam, seperti penjual yang tidak adil kepada konsumen, menutupi cacat, mencari keuntungan berlebihan, tidak jujur, dan tidak memberikan kemanfaatan kepada konsumen. Seperti halnya makelar yang berprofesi sebagai perantara dalam jual beli ikan lele di Desa Semanding Kecamatan Kauman Kabupaten Ponorogo yang dalam praktik kerjanya mengambil keuntungan lebih dan melakukan pencampuran terhadap kualitas ikan lele yang diperjualbelikan.
Adapun rumusan masalahnya adalah (1) Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap pencampuran kualitas ikan lele oleh makelar dalam jual beli ikan lele di Desa Semanding Kecamatan Kauman Kabupaten Ponorogo? (2) Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap upah makelar dalam jual beli ikan lele di Desa Semanding Kecamatan Kauman Kabupaten Ponorogo?
Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian lapangan dengan menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data induktif, yaitu penemuan fakta empiris yang diperoleh dari hasil observasi lapangan untuk di analisis berdasarkan teori, kemudian ditarik kesimpulan terhadap masalah yang diteliti.
Dari Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa praktik makelar jual beli ikan lele yang ada di Desa Semanding Kecamatan Kauman Kabupaten Ponorogo pada pencampuran kualitas ikan lele tidak sah menurut hukum Islam karena tidak memenuhi syarat jual beli dan syarat sahnya makelar yaitu barang tidak bersih serta banyak yang tidak bisa dimanfaatkan barangnya. Sedangkan praktik makelar mengambil upah lagi dari pembeli diperbolehkan jika ditinjau dari hukum Islam. Hal tersebut dikemukakan oleh para ulama yaitu ulama madzhab Syafi’i dan Sayyid Sabiq yang memperbolehkan seseorang makelar mengambil upah atas jasa yang dilakukan, karena itu termasuk jenis imbalan perbuatan yang diketahui dan dengan tenaga yang diketahui pula.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Lia Noviana
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 05 Jun 2023 02:29
Last Modified: 05 Jun 2023 02:29
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23370

Actions (login required)

View Item View Item