Pengaruh Nilai Taksiran, Ujrah dan Promosi terhadap Keputusan Nasabah Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Madiun Agus Salim melakukan Gadai Emas

Qibtia, Martha (2023) Pengaruh Nilai Taksiran, Ujrah dan Promosi terhadap Keputusan Nasabah Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Madiun Agus Salim melakukan Gadai Emas. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
402190234_MARTHA QIBTIA WARDHANA_PERBANKAN SYARIAH.pdf

Download (2MB)

Abstract

Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Madiun Agus Salim merupakan salah satu Bank Syariah yang melayani gadai emas yang terletak di Jalan Agus Salim No 44, Kelurahan Nambangan Lor, Kecamatan Manguharjo, Kota Madiun. Emas atau perhiasan merupakan benda yang dapat digunakan sebagai sarana investasi maupun untuk berjaga-jaga apabila ada kebutuhan yang mendesak. Hal ini akan dimanfaatkan oleh Bank Syariah dengan menyediakan pembiayaan gadai emas yang nantinya akan membuat calon nasabah gadai emas memiliki banyak pilihan untuk menggadaikan perhiasan yang dimiliki dengan mempertimbangkan kualitas produk gadai emas yang ditawarkan seperti nilai taksiran emas, ujrah (biaya penitipan) maupun promosi yang dirasa menguntungkan. Dari hasil wawancara yang dilakukan dengan nasabah gadai emas diketahui nilai taksiran yang ditetapkan tergolong rendah, namun besaran ujrah (biaya penitipan) masih memberatkan nasabah melakukan gadai emas serta promosi yang dilakukan pihak bank masih tergolong kurang.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh nilai taksiran, ujrah dan promosi terhadap keputusan nasabah Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Madiun Agus Salim secara parsial maupun simultan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa penyebaran kuesioner kepada 100 nasabah gadai emas di Bank Syariah Kantor Cabang Madiun Agus Salim. Teknik analisis data dilakukan dengan metode regresi linier berganda dengan bantuan SPSS melalui tahapan uji validitas, reliabilitas, analisis deskriptif, uji asumsi klasik, dan uji regresi linier berganda.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel nilai taksiran, dan ujrah (biaya penitipan) berpengaruh terhadap keputusan nasabah Bank Syariah Kantor Cabang Madiun Agus Salim melakukan gadai emas serta variabel promosi tidak berpengaruh terhadap keputusan nasabah Bank Syariah Kantor Cabang Madiun Agus Salim melakukan gadai emas. Adapun hasil pengujian secara simultan menunjukkan bahwa nilai taksiran, ujrah dan promosi secara simultan berpengaruh terhadap keputusan nasabah Bank Syariah Kantor Cabang Madiun Agus Salim melakukan gadai emas. Hasil pengujian koefisien determinasi diperoleh nilai R-square sebesar 44,3% yang dapat diinterpretasikan bahwa keputusan nasabah Bank Syariah Kantor Cabang Madiun Agus Salim melakukan gadai emas dapat dijelaskan oleh faktor nilai taksiran, ujrah dan promosi dan 55,7% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Maulida Nurhidayati
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 05 Jun 2023 02:24
Last Modified: 05 Jun 2023 02:24
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23367

Actions (login required)

View Item View Item