..(TAMBAHKAN STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN, GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PENGESAHAN DAN LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS, UPLOAD ULANG)..Tinjauan Hukum Islam terhadap Jual Beli Kacang Mede dengan Sistem Bayar Tempo (Studi pada UD. Wahyu Desa Gandu Kecamatan Mlarak Kabupaten Ponorogo).

Taj, Zakka Sabila (2023) ..(TAMBAHKAN STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN, GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PENGESAHAN DAN LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS, UPLOAD ULANG)..Tinjauan Hukum Islam terhadap Jual Beli Kacang Mede dengan Sistem Bayar Tempo (Studi pada UD. Wahyu Desa Gandu Kecamatan Mlarak Kabupaten Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
210216075_Zakka Sabila Taj_Hukum Ekonomi Syariah.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK

Sabila, Taj Zakka. 2023. Tinjauan Hukum Islam terhadap Jual Beli Kacang Mede dengan Sistem Bayar Tempo (Studi pada UD. Wahyu Desa Gandu Kecamatan Mlarak Kabupaten Ponorogo). Skripsi. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah, Fakultas Syariah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. Hj. Khusniati Rofiah, M.S.I.

Kata Kunci: Jual beli kacang mede, bayar tempo, Studi di UD.Wahyu.
Penelitian ini memiliki latar belakang sebagian orang melakukan jual beli dengan sistem bayar tempo. Padahal tindakan tersebut tidak sesuai dengan syariat Islam. Dalam penelitian ini, sebagai kasus adalah praktik jual beli kacang mede di UD. Wahyu Desa Gandu, Kecamatan Mlarak, Kabupaten Ponorogo. Praktik jual beli ini berangkat dari pelanggan yang ingin menjalankan perdagangan kacang mede, namun tidak memiliki cukup modal. Pihak produsen memberikan pilihan kepada pelanggan dengan mengambil barang terlebih dahulu dan dibayar kemudian. Waktu pembayaran tersebut ditentukan oleh pelanggan sendiri, namun pihak produsen memberikan penambahan harga sebagai konsekuensinya. Tambahan harga tersebut sering tidak dibertahukan kepada pelanggan, sehingga belum terjadi ijab kabul di antara keduanya.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap akad jual beli kacang mede dengan sistem bayar tempo di UD.Wahyu Desa Gandu, Kecamatan Mlarak, Kabupaten Ponorogo? 2) Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap Penetapan harga jual beli kacang mede dengan sistem bayar tempo di UD.Wahyu Desa Gandu, Kecamatan Mlarak, Kabupaten Ponorogo?
Dalam penelitian ini penulis mengadakan penelitian lapangan. Peneliti dalam menggali data lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif, Pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan dalam analisis data, digunakan metode induktif yang menggunakan pendekatan istijrar.
Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Sistem akad jual beli belum sesuai dengan hukum Islam, karena rukun dan syarat jual beli belum terpenuhi, dikarenakan pada saat pembayaran pihak pembeli merasa dirugikan dan terpaksa untuk menyetujui keputusan penjual. 2) Praktik penetapan harga dengan penambahan harga kacang mede terdapat unsur riba dalam praktiknya. Sehingga penetapan harga jual beli kacang mede dengan sistem bayar tempo tidak sesuai dengan hukum Islam, karena dalam praktiknya pembayaran pada penambahan harga kacang mede yang tidak diberitahukan kepada pembeli.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Khusniati Rofiah
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 05 Jun 2023 02:20
Last Modified: 05 Jun 2023 02:20
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23357

Actions (login required)

View Item View Item