Peran Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Pendidikan Karakter Religius Siswa (Studi Kasus di MI Tholabiyah Ngetrep Jiwan Madiun)

Pramestuty, Risma (2023) Peran Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Pendidikan Karakter Religius Siswa (Studi Kasus di MI Tholabiyah Ngetrep Jiwan Madiun). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
206190111_RISMA RENIKA PRAMESTUTY_MPI.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Pramestuty, Risma Renika. 2023. Peran Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Pendidikan Karakter Religius Siswa. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. Athok Fu’adi, M. Pd.
Kata Kunci: Peran, Kepala Madrasah, Karakter Religius, MI Tholabiyah Ngetrep Jiwan Madiun.
Pendidikan memiliki peranan yang sangat besar untuk mempersiapkan sebuah karakter dan menjadikan manusia mampu menghadapi tantangan global. Kepala madrasah sebagai pemimpin di lembaga pendidikan mempunyai peran yang sangat penting dalam pembentukan karakter peserta didik agar menjadikan peserta didik mampu mengaplikasikannya di lingkungan sekolah maupun luar sekolah. Salah satu pendidikan karakter yang harus diterapkan di lembaga pendidikan berbasis madrasah adalah pendidikan karakter religius siswa, karena pendidikan karakter religius sangat menentukan bagaimana peserta didik tersebut dapat memberikan feedback kepada lingkungan masyarakat bahwa lulusan madrasah mampu mengantongi karakter religius dan pendidikan karakter religius harus diterapkan sedini mungkin untuk peserta didik.
Tujuan penelitian ini untuk dapat mengetahui bagaimana peran kepala madrasah dalam meningkatkan pendidikan karakter religius siswa di MI Tholabiyah Ngetrep Jiwan Madiun mulai dari kepala madrasah sebagai manajer, edukator, dan faktor pendukung dan penghambat kepala madrasah sebagai manajer dan edukator. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskripsif. Adapun untuk sumber datanya diperoleh dari informan dan datanya berkaitan langsung dengan pembahasan skripsi. Teknik pengumpulan data dengan melakukan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian data yang telah diperoleh, dianalisis dengan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian menyimpulkan bahwa (1) Peran Kepala Madrasah Sebagai Manajer Dalam Meningkatkan Pendidikan Karakter Religius Siswa di MI Tholabiyah Ngetrep Jiwan Madiun yaitu membuat program madrasah, memantau jalannya program madrasah, mengevaluasi kegiatan madrasah di akhir pekan. (2) Peran Kepala Madrasah Sebagai Edukator Dalam Meningkatkan Pendidikan Karakter Religius Siswa di MI Tholabiyah Ngetrep Jiwan Madiun yaitu kepala madrasah langsung memberikan edukasi dan contoh kepada peserta didik melalui pendampingan langsung ketika pembelajaran di dalam kelas dan mendampingi peserta didik dalam melaksanakan pembiasaan setiap pagi yakni tadarus al-Qur’an dan sholat dhuha berjamaah. (3) Faktor Pendukung dan Penghambat Kepala Madrasah Sebagai Manajer dan Edukator Dalam Meningkatkan Pendidikan Karakter Religius Siswa di MI Tholabiyah Ngetrep Jiwan Madiun yaitu faktor pendukungnya antara lain semangatnya peserta didik dalam melaksanakan program yang telah ditetapkan oleh kepala madrasah dan juga antusiasnya tenaga pendidik dan kependidikan dalam mendukung dan menjalankan program yang telah ditetapkan oleh kepala madrasah. Faktor penghambatnya yaitu kepala madrasah belum memiliki ruangan khusus dalam menjalankan tugasnya sebagai kepala madrasah dan letak madrasah dan mushola yang bersebrangan sehingga rawan akan terjadi kecelakaan bagi warga madrasah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Athok Fu'adi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 05 Jun 2023 02:14
Last Modified: 05 Jun 2023 02:14
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23353

Actions (login required)

View Item View Item