PELAKSANAAN PROGRAM PEMBANGUNAN LAPAK UNTUK MENJAMIN KESEJAHTERAAN UMKM DI KOTA MADIUN

Setyowati, Maharani Anggraini (2023) PELAKSANAAN PROGRAM PEMBANGUNAN LAPAK UNTUK MENJAMIN KESEJAHTERAAN UMKM DI KOTA MADIUN. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
maharani anggraini setyowati (2).pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK

MAHARANI ANGGRAINI SETYOWATI, 2023, Peran Pemerintah Kota Madiun Untuk Manjamin Kesejahteraan Umkm. Skripsi Jurusan Ekonomi Syari’ah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. H. Luthfi Hadi Aminuddin, M.Ag.

Kata Kunci: Peran Pemerintah, Strategi Pemerintah, Dampak Pemerintah Pembangunan ekonomi tidak lepas dari peran dan tanggung jawab Pemerintah Daerah berdasarkan pada undang-undang No. 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah memiliki tanggung jawab serta peran yang sangat besar untuk mengurus urusan pemerintahnya termasuk didalamnya dalam hal pembangunan ekonomi. Salah satu kewajiban yang harus dijalankan pemerintah dalam pembangunan ekonomi yaitu meningkatkan kualitas kehidupan masayarakatnya. Oleh karena itu diperlukan usaha pemerintah daerah dalam hal meningkatkan kreatifitas serta inovasi masyarakat untuk dapat meningkatkan kualitas serta kesejahteraan masyarakat di daerahnya.
Rumusan masalah dalam penelitiaan ini adalah: pertama peran pemerintah Kota Madiun untuk menjamin kesejahteraan UMKM, kedua strategi pemerintah dalam menjamin kesejahteraaan masyarakat, ketiga damapak penyediaan lapak oleh pemerintah bagi UMKM. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisi peran pemerintah dalam menjamin kesejahteraan UMKM, lalu analisis strategi dalam menjamin kesejahteraan UMKM di Kota Madiun, lalu analisis dampak penyediaan Lapak UMKM di Kota Madiun bagi para pelaku UMKM.
Dalam penelitian ini menggunakan metode lapangan/metode kualitatif (field research) karena melakukan pengamatan langsung sedangkan dalam pengumpulan datanya melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Dalam penelitian ini menggunakan metode deduktif.
Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa 1. Terbukti dengan adanya pengembangan usaha mikro dalam Program Lapak di setiap Kelurahan ini telah Terbukti dengan adanya pengembangan usaha mikro dalam Program Lapak di setiap Kelurahan ini telah berjalan dengan baik terbukti dengan meningkatnya penjualan dan prospek kedepannya serta berkembangnya cara pemasaran atau penjualan yang dilakukan oleh para pedagang meskipun tidak dapat dipungkiri tetap ada kendala-kendala yang harus menjadi perhatian dan fokus untuk perbaikan dan pengembangan lanjutan seperti masalah keamanan, fasilitas tempat makan dan tempat berjualan serta tempat parkir. Dilihat dari aspek teknis dan teknologis. 2. pemilihan lokasi Lapak bisa dikatakan sudah sesuai dan cukup strategis serta representatif untuk berjualan hanya saja dari segi teknologi bisa di katakan sangat kurang, selama ini para pedagang hanya menggunakan cara sederhana baik untuk alat kerja maupun pengemasan. Sebelumnya pernah diadakan pelatihan pengemasan namun hanya untuk perwakilan pedagang Lapak sehingga hanya sedikit yang sudah terpapar kemampuan pengemasan modern.. Dari cara pengelolaan atau aspek manajemen masih berjalan secara sederhana, namun demikian pengembangan usaha mikro dalam program Lapak di Kelurahan utamanya dalam system pengelolaan penjualan akan dikembangkan ke arah yang modern secepatnya. 3. Dampak dari pembangunan Lapak ini adalah mampu memberikan lokasi bagi UMKM untuk berjuaalan agar lebih tertata rapi dan mampu mengurangi jumlah pengangguran di Kota Madiun dan pendapatan ekonomi di Kota Madiun pun meningkat

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Luthfi Hadi Aminuddin
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 05 Jun 2023 02:09
Last Modified: 05 Jun 2023 02:09
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23346

Actions (login required)

View Item View Item