..(TAMBAHKAN STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN, UPLOAD ULANG)..Pandangan Akademisi Terhadap Fleksibilitas Hak Dan Kewajiban Suami Istri Menurut Qira'ah Mubadalah

Muawwanah, Ririn Kholifatul Muawwanah (2023) ..(TAMBAHKAN STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN, UPLOAD ULANG)..Pandangan Akademisi Terhadap Fleksibilitas Hak Dan Kewajiban Suami Istri Menurut Qira'ah Mubadalah. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
101180203_RIRIN KHOLIFATUL MUAWWANAH_HUKUM KELUARGA ISLAM.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK

Muawwanah, Ririn Khoifatul, 2023. Pandangan Akademisi Terhadap Fleksibilitas Hak Dan Kewajiban Suami Istri Menurut Qira’ah Mubadalah Ditinjau Dari Sosiologi Pengetahuan. Skripsi. Jurusan Hukum Keluarga Islam, Fakultas Syariah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo, Pembimbing Dr. H. Saifullah, M. Ag.
Kata kunci/ keyword : hak dan kewajiban, mubadalah, akademisi.

Mengetahui hak dan kewajiban suami istri merupakan hal yang prinsipil yang harus diketahui oleh pasangan yang sudah berkeluarga. Pemahaman mengenai hak dan kewajiban suami istri harus diimplementasikan dalam kehidupan berumah tangga. Namun realitanya banyak pasangan yang belum memahami hak dan kewajiban seperti seharusnya. Penulis menggunakan pandangan akademisi dengan tujuan pemahaman mengenai hak dan kewajiban tersebut dapat dijadikan acuan untuk diterapkan dalam kehidupan rumah tangga.
Adapun rumusan masalah dari penelitian ini adalah (1) Bagaimana pandangan Akademisi terhadap fleksibelitas hak dan kewajiban suami istri menurut qira’ah mubadalah? (2) Apa yang menjadi faktor yang melatar belakangi pandangan Akademisi terhadap fleksibelitas hak dan kewajiban suami istri menurut qira’ah mubadalah?
Untuk menjawab dari kedua rumusan masalah di atas peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif ( field research) dengan teknik observasi pengumpulan data melalui pengamatan, wawancara kepada akademisi dan dokumentasi untuk menggali data kemudian menganalisis. Data yang dikumpulkan kemudian dianalisis dengan pendekatan sosiologi pengetahuan.
Berdasarkan penelitian yang sudah di lakukan dapat di simpulkan : (1) Pandangan para akademisi mengenai fleksiblenya hak dan kewajiban suami istri mengacu pada lima prinsip mubadalah tersebut sangat relevan jika di terapkan pada pasangan yang memahami makna kesalingan dan kesetaraan. (2) mengenai fleksiblenya hak dan kewajiban suami istri ini dapat digolongkan menjadi dua tipologi pemikiran. Pertama, tipologi tradisional adalah model pemikiran yang berusaha berpegang pada tradisi-tradisi yang telah mapan. Kemudian yang kedua, tipologi modernis adalah pemikiran yang menekankan kepada dimensi rasional serta pembaharuan pemikiran islam sesuai dengan situasi dan kondisi di era modern. Tipologi modernis antara lain Dr. Iswahyudi, M.Ag, Dr. Hj. Evi Muafiah, M. Ag. Kemudian tipologi campuran modernis dan tradisional antara lain Dr. Hj. Rahmah Maulida, M. Fathurrahman, M. Pd.i dan Rozi Indrafuddin, Lc. M. Fil. I.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Saifullah
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 05 Jun 2023 02:03
Last Modified: 05 Jun 2023 02:03
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23345

Actions (login required)

View Item View Item