Tinjauan Fatwa Dsn Mui Terhadap Jual Beli Followers Instagram

Rohani, Nanda Fitria (2023) Tinjauan Fatwa Dsn Mui Terhadap Jual Beli Followers Instagram. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
102190148_NANDA FITRIA ROHANI_HUKUM EKONOMI SYARIAH.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Rohani, Fitria Nanda. 2023. Tinjauan Fatwa DSN MUI Terhadap Jual Beli
Followers Instagram. Skripsi. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Khaidarulloh, M.H.I.
Kata Kunci/Keyword: Followers Instagram, Jual Beli, Fatwa DSN MUI

Instagram merupakan salah satu sosial media yang saat ini menjadi salah satu kebutuhan bagi seseorang. Guna sebagai penunjang pemiliknya dalam promosi produk yang dijual maupun sebagai ajang kepopularitasan. Alhasil mereka mengambil cara yang mudah agar akun instagramnya bisa popular di kalangan pengguna Instagram lainnya. Sehingga cara tersebut dapat dilakukan dengan membeli followers sebanyak-banyaknya. Akan tetapi, dalam praktiknya followers aktif merupakan followers yang dapat meng unfollow sewaktu-waktu karena akun tersebut masih aktif digunakan oleh penggunanya.
Dari sedikit uraian di atas terdapat beberapa permasalahan yang perlu dikaji, yaitu : Bagaimana Analisis Fatwa DSN MUI Terhadap Akad Dalam Jual Beli Followers Instagram? Bagaimana Analisis Fatwa DSN MUI Terhadap Objek Dalam Jual Beli Followers Instagram ?
Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research), yang menggunakan pendekatan kualitatif dimana dalam mengumpulkan dan menganalisis berbentuk narasi guna memperoleh pemahaman mendalam terhadap praktik jual beli followers Instagram dan akan di analisis dengan Fatwa DSN MUI. Metode pengumpulan datanya dengan wawancara kepada informan yaitu penjual dan pembeli followers Instagram.
Hasil dari penelitian yang telah dilakukan, penyusun mengambil kesimpulan bahwa akad yang digunakan merupakan akad salam, dimana berdasarkan ketentuan Fatwa DSN MUI pedagang dalam menjelaskan ciri-ciri maupun spesifikasi barang harus jelas, namun berdasarkan praktiknya pedagang tidak menyebutkan pengurangan followers kepada pembeli saat proses order sehingga adanya kebohongan dari penjual mengenai ciri-ciri barang. Kemudian barang yang digunakan dalam jual beli followers yaitu berupa followers yang mana berbentuk akun Instagram. Akun tersebut berasal dari akun pengguna Instagram lainnya, sehingga disini penjual tidak memiliki kewenangan atas barang tersebut karena pemilik akun belum memberi izin atas kegunaan akun Instagram nya digunakan sebagai penambah followers.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Khaidarulloh
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 05 Jun 2023 01:42
Last Modified: 05 Jun 2023 01:42
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23339

Actions (login required)

View Item View Item