Pengelolaan Wakaf Produktif di Yayasan Fie Sabilil Muttaqien Desa Tempuran Kecamatan Paron Kabupaten Ngawi Prespektif Undang-Undang Nomor 41 Tahun 2004 Tentang Wakaf

Patmawati, Yuli (2023) Pengelolaan Wakaf Produktif di Yayasan Fie Sabilil Muttaqien Desa Tempuran Kecamatan Paron Kabupaten Ngawi Prespektif Undang-Undang Nomor 41 Tahun 2004 Tentang Wakaf. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
101190258-YULI PATMAWATI-HKI.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Patmawati, Yuli. 2023. Pengelolaan Wakaf Produktif di Yayasan Fie Sabilil Muttaqien Desa Tempuran Kecamatan Paron Kabupaten Ngawi Prespektif Undang-Undang Nomor 41 Tahun 2004 Tentang Wakaf. Skripsi. Program Studi Hukum Keluarga Islam Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo, Pembimbing Khairil Umami, M.S.I
Kata Kunci: Wakaf Produktif, Pengelolaan Wakaf, Pendistribusian Hasil
Wakaf merupakan salah satu instrument yang diharapkan mampu mewujudkan kesejahteraan ekonomi jangka panjang. Yayasan Fie Sabilil Muttaqien ini di wakafkan untuk kepentingan pendidikan dan peribadatan yang dikelola oleh Nazhir. Akan tetapi, Nazhir belum bisa mengembangkan secara maksimal, dikarenakan belum memiliki strategi selain dalam bidang pendidikan, sementara itu nazir mengelola yayasan tersebut menggunakan asset lain yang termasuk dalam wakaf produktif.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Pertama, Bagaimana implementasi pengelolaan Tanah Wakaf Produktif di Yayasan Fie Sabilil Muttaqien Desa Tempuran Kecamatan Paron Kabupaten Ngawi perspektif Undang Undang Nomor 41 Tahun 2004 Tentang Wakaf ?. Kedua, Bagaimana pemanfaatan hasil tanah wakaf produktif di Yayasan Fie Sabilil Muttaqien Desa Tempuran, Kecamatan Paron perspektif Undang Undang Nomor 41 Tahun 2004 Tentang Wakaf ?
Adapun skripsi ini merupakan penelitian kualitiatif dengan jenis Penelitian Lapangan (Field Research) dengan Pendekatan Normatif. Sedangkan teknik dalam pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah diskriptif-analistik.
Kesimpulan dari penelitian ini yakni: (1) Yayasan Fie Sabilil Muttaqien telah berhasil mengelola wakaf dengan Hasil wakaf tanah basah (sawah) diperuntukkan untuk sarana ibadah dan pendidikan, sehingga tujuan wakaf dalam memajukan kesejahteraan umum sudah tercapai. Akan tetapi dalam hal pengelolaan dan pengembangan wakaf yang berupa area yayasan dalam bentuk produktif belum dapat tercapai sehingga kurang sesuai dengan Undang-Undang Nomor 41 Tahun 2004 Tentang Wakaf pada Pasal 43 yang menyebutkan pengelolaan dan pengembangan harta benda wakaf sebagaimana pada ayat (1) dilakukan secara produktif. (2), dalam hal administrasi Yayasan Fie Sabilil Muttaqien sudah memiliki sertivikasi wakaf yang ditunjukkan dengan adanya Akta Ikrar Wakaf (AIW). Akan tetapi, peruntukan wakaf yang merupakan unsur dari AIW belum tercantum, sehingga perlu adanya perbaikan dalam rangka pengamanan harta wakaf dari pihak ketiga.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Khairil Umami
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 05 Jun 2023 01:41
Last Modified: 05 Jun 2023 01:41
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23338

Actions (login required)

View Item View Item