Tinjauan Akibat Hukum Terhadap Kasus Pencurian Data Pribadi Di PT Wahana Ottomitra Multiarth TBK Madiun

Sukma, Pipit Fidianti (2023) Tinjauan Akibat Hukum Terhadap Kasus Pencurian Data Pribadi Di PT Wahana Ottomitra Multiarth TBK Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
102190155_PIPIT FIDIANTI SUKMA_HUKUM EKONOMI SYARIAH.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Fidianti, Pipit. 2023. Tinjauan Akibat Hukum Terhadap Kasus Pencurian Data Pribadi Di PT Wahana Ottomitra Multiartha Syariah Tbk Madiun. Skripsi. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syari’ah Institut Agama Islam Negeri ( IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Rooza Meilia Anggraini, M.H.
Kata Kunci/Keywords: Akibat Hukum, Pencurian Data Pribadi, Konsekuensi, Penanganan

Data pribadi meruapkan hal penting karena berisi aset penting terkait informasi yang bersifat privat. Oleh karena itu, perlu adanya perlindungan data pribadi agar terhindar dari oknum-oknum yang tak bertanggung jawab. Dalam praktiknya, seperti halnya kasus pencurian data pribadi dengan kredit fiktif yang terjadi pada perusahaan PT Wahana Ottomitra Multiartha Syariah Tbk Madiun terjadi pencurian data pribadi dengan salah satu nasabah dengan cara memanipulasi salah satu data nasabah. Dari penanganan kasus diatas, perusahaan memberikan penanganan hukum berupa sanksi-sanksi kepada pelaku sehingga perlu kajian terkait konsekuensi hukum yang harus ditanggung oleh pelaku, korban/nasabah, maupun perusahaan PT Wahana Ottomitra Multiartha Syariah Tbk Madiun.
Dari sedikit ulasan diatas, ada beberapa permasalahan yang perlu dikaji, yaitu: (a) Bagaimana tinjauan akibat hukum terhadap penanganan hukum kasus pencurian data pribadi di PT Wahana Ottomitra Multiartha Syariah Tbk Madiun? (b) Bagaimana tinjauan akibat hukum terhadap konsekuansi hukum kasus pencurian data pribadi di PT Wahana Ottomitra Multiartha Syariah Tbk Madiun?
Penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research), dengan menggunakan pendekatan kualitatif dimana dalam mengumpulkan dan menganalisis berbentuk narasi guna memperoleh pemahaman mendalam terkait akibat hukum praktek penanganan hukum dan konsekuensi hukum terkait kasus pencurian data pribadi. Metode pengumpulan datanya dengan cara wawancara kepada informan yaitu karyawan PT WOM Finance Syariah.
Hasil penelitian, penulis mengambil kesimpulan bahwa: 1. Dalam praktek penanganan kasus pencurian data pribadi pihak perusahaan memberikan sanksi berupa pemanggilan, surat peringatan, dan denda. Ditinjau dari akibat hukum terkait penanganan akibat hukum berupa sanksi yaitu sanksi terhadap perbuatan melawan hukum. 2. Terkait akibat hukum dan konsekuansi hukum penulis memaparkan putusan, si pelaku dijatuhi tindak pidana penipuan terkait kasus kredit fiktif dalam pencurian data nasabah dan konsekuensi hukum terhadap pelaku yaitu hukuman tambahan yaitu pencabutan hak dan kewajiban berupa hilangnya pekerjaan, sanksi administratif berupa membayar ganti rugi, sanksi yang melawan hukum berupa pelaku dipenjara karena kasus penipuan sesuai dengan putusan Pengadilan Negeri Ponorogo 60/Pid.B/2020/PN Png. Untuk perusahaan menurunnya rating perusahaan dan mengalami kerugian. Untuk si korban merasa dirugikan namanya dipakai tanpa seizinnya dan pencemaran nama baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Rooza Meilia Anggraini
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 05 Jun 2023 01:38
Last Modified: 05 Jun 2023 01:38
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23335

Actions (login required)

View Item View Item