Tinjauan Hukum Islam Terhadap Shopee Affiliates Program di Aplikasi Shopee

Ilma, Eka Fadhilatul (2023) Tinjauan Hukum Islam Terhadap Shopee Affiliates Program di Aplikasi Shopee. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
102190110_Eka Fadhilatul Ilma_Hukum Ekonomi Syariah.pdf

Download (2MB)

Abstract

Ilma, Eka Fadhilatul 2023. “Tinjauan Hukum Islam Terhadap Shopee Affiliates Program di Aplikasi Shopee”. Skripsi Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing: M. Ilham Tanzilulloh, M.H.I.

Kata kunci: Ju’ālah, shopee affiliates program, penggunaan shopee affiliates program, dan komisi
Ju’ālah atau upah merupakan sesuatu yang diberikan kepada seseorang atas apa yang telah dikerjakannya. Ju’ālah pada asalnya diperbolehkan atau mubah dalam syariat Islam. Dalam akad Ju’ālah bukan terbatas pada barang yang hilang saja, namun bisa setiap pekerjaan yang dapat menguntungkan seseorang. Seperti halnya dalam shopee affiliates program. Shopee affiliates program adalah program baru dari shopee yang menawarkan penghasilan tambahan untuk para content creator hanya dengan mempromosikan produk shopee di media sosial. Tak hanya promosi produk, dalam program ini juga terdapat ajak member baru menggunakan kode referral leader. Adanya hal tersebut membuat beberapa orang yang mau bergabung dalam program ini ragu karena adanya istilah leader dan member, mereka berasumsi program ini seperti MLM yang tidak diperbolehkan dimana menguntungkan leader yang tidak melakukan pekerjaan dan merugikan member yang melakukan pekerjaan.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap penggunaan shopee affiliate program di aplikasi shopee? 2) bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap komisi leader yang didapatkan dari member shopee affiliate program di aplikasi shopee?
Adapun skripsi ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research) melalui pendekatan normatif, yang mana menggunakan teori-teori hukum didalamnya. Sedangkan teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode induktif.
Dari penelitian yang dilakukan selama skripsi dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Penggunaan shopee affiliates program ini jauh dari bisnis MLM yang tidak diperbolehkan, dimana dalam shopee affiliates program ada pekerjaan yang jelas serta ada unsur jerih payahnya untuk mendapatkan upah atau komisi dan hal tersebut relevan dengan syarat pekerjaan di rukun ju’ālah. Penggunaan shopee affiliates program mulai dari pendaftaran, cara kerja, dan komisi yang didapatkan sudah memenuhi rukun dan syarat dari akad ju’ālah. 2) Komisi yang didapatkan leader dari komisi member adalah sah jika ditinjau dari akad ju’ālah dalam hukum Islam, karena leader sudah menyelesaikan pekerjaannya. Hal tersebut sudah sesuai dengan syarat upah pada rukun ju’ālah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: M. Ilham Tanzilulloh
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 05 Jun 2023 01:37
Last Modified: 05 Jun 2023 01:37
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23332

Actions (login required)

View Item View Item