Tinjauan Hukum Islam Terhadap Praktik Jual Beli Barang Cicil Mubeng Di Desa Munggung Kecamatan Pulung Kabupaten Ponorogo

Aam Ali Mustofa, Aam Ali Mustofa (2023) Tinjauan Hukum Islam Terhadap Praktik Jual Beli Barang Cicil Mubeng Di Desa Munggung Kecamatan Pulung Kabupaten Ponorogo. Masters thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
SKRIPSI watwemak.pdf

Download (981kB)

Abstract

ABSTRAK

Mustofa, Aam Ali 2023. Tinjauan Hukum Islam Terhadap Praktik Jual Beli Barang Cicil Mubeng Di Desa Munggung Kecamatan Pulung Kabupaten Ponorogo. Skripsi Fakultas Syariah. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah. Institut Agama Islam Negeri Ponorogo (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Muhammad Ali Murtadlo, S.H.I., M.H.
Kata Kunci/ Keywords: Cicil Mubeng, Kredit, Akad Kredit
Manusia adalah makhluk sosial yang diciptakan untuk berhubungan satu sama lain dan membutuhkan bantuan dari orang lain dalam menyelesaikan kebutuhan sehari-hari. Di Desa Munggung Kecamatan Pulung Kabupaten Ponorogo terdapat cicil mubeng yaitu orang yang menawarkan barang kebutuhan rumah tangga kepada masyarakat, terutama ibu-ibu, dengan pembayaran secara mengangsur. Dalam praktiknya kreditur akan memesan barang kepada debitur, dan barang akan diserahkan keesokan harinya. Pembayaran angsuran dilakukan setiap minggu, dan tidak ditentuhkan berapa besarannya, tetapi sesuai dengan kemampuan kreditur. Pada angsuran setiap minggunya akan dipotong untuk kebutuhan administrasi, yang besarannya tidak ditentuhkan, karena potongan ini sesuai dengan keinginan debitur.
Rumusan masalah yang menjadi fokus dalam penelitian ini, pertama tentang bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap akad jual beli yang dilakukan oleh cicil mubeng di Desa Munggung Kecamatan Pulung Kabupaten Ponorogo? kedua bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap sistem pembayaran barang cicilan yang diterapkan oleh cicil mubeng di Desa Munggung Kecamatan Pulung Kabupaten Ponorogo.
Adapun menurut jenisnya penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research) sedangkan pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam (indepth interview), observasi dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode induktif.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pertama, akad dalam praktik jual beli cicil mubeng di Desa Munggung belum sesuai dengan prinsip jual beli karena terdapat rukun yang belum terpenuhi yaitu barang yang diinginkan tidak datang tepat waktu, karena barang akan dikirim ke rumah pada keesokan harinya. Kedua pada sistem pembayaran cicil mubeng di Desa Munggung Kecamatan Pulung Kabupaten Ponorgo ini, belum sesuai dengan hukum Islam. Karena pada setiap pembayaran angsuran dikenai pemotongan biaya, yang jumlahnya tidak jelas sesuai keinginan debitur, serta tidak ada transparansi terkait dengan pelunasan.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: MuhammadAli Mutadlo
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 05 Jun 2023 01:36
Last Modified: 05 Jun 2023 01:36
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23329

Actions (login required)

View Item View Item