TINJAUAN MAṢLAḤAḤ MURṢALAḤ TERHADAP USAHA BAGI UMKM (STUDI KASUS UMKM DESA GLONGGONG, KECAMATAN DOLOPO, KABUPATEN MADIUN)

Ningrum, Gita Puspita (2023) TINJAUAN MAṢLAḤAḤ MURṢALAḤ TERHADAP USAHA BAGI UMKM (STUDI KASUS UMKM DESA GLONGGONG, KECAMATAN DOLOPO, KABUPATEN MADIUN). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
102190121_Gita Puspita Ningrum_Hukum Ekonomi Syariah.pdf

Download (4MB)

Abstract

Untuk lebih memberikan keamanan dan kemaṣlaḥatan serta mencegah kemafsadatan dalam berwirausaha oleh UMKM maka perlu adanya izin usaha namun di lapangan masih banyak masyarakat pelaku UMKM yang belum mengurus terkait dengan perizinan kegiatan usahanya, khususnya masyarakat pelaku UMKM di Desa Glonggong Kecamatan Dolopo Kabupaten Madiun.
Dalam penelitian ini yang menjadi pokok masalah adalah praktik usaha UMKM Desa Glonggong Kecamatan Dolopo Kabupaten Madiun dalam perspektif maṣlaḥaḥ murṣalaḥ dan dampak praktik izin usaha bagi UMKM di Desa Glonggong Kecamatan Dolopo Kabupaten Madiun dalam perspektif maṣlaḥaḥ murṣalaḥ.
Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Dalam penyusunan penelitian ini, peneliti membutuhkan data terkait praktik UMKM Desa Glonggong Kecamatan Dolopo Kabupaten Madiun dan dampak praktik izin usaha UMKM Desa Glonggong Kecamatan Dolopo Kabupaten Madiun. Data primer ini berupa data yang berasal dari terkait praktik usaha UMKM Desa Glonggong Kecamatan Dolopo Kabupaten Madiun dan dampak praktik izin usaha UMKM Desa Glonggong Kecamatan Dolopo Kabupaten Madiun yang sudah memiliki izin usaha dan yang masih belum memiliki izin usaha, sedangkan data sekunder berupa data-data bisa berupa buku, jurnal, skripsi terdahulu dan dokumen lainya.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa praktik UMKM di Desa
Glonggong dalam mengurus izin usahanya 50.5% sudah memiliki izin usaha dan 55.5% masih belum mengurus izin usahanya. Keberadaan izin usaha pada masyarakat pelaku UMKM di Desa Glonggong termasuk ke dalam tingkatan maṣlaḥaḥ ḥajiyaḥ, yaitu kemaṣlaḥatan yang keberadaannya sangat dibutuhkan guna menyempurnakan kemaṣlaḥatan pokok, untuk mempertahankan dan memelihara kebutuhan mendasar manusia. Sedangkan bagi pelaku usaha UMKM Desa Glonggong yang tidak mendaftarkan usahanya berdampak dengan tidak adanya perlindungan terhadap harta dan usaha yang dilakukan karena tidak memiliki izin sehingga dapat mengakibatkan kendala yang akan sering dihadapi, serta tidak dapat memberikan rasa aman dan nyaman terhadap konsumen. Dengan demikian menurut penulis, pelaku usaha UMKM Desa Glonggong yang tidak mendaftarkan izin usahanya tersebut tidak sejalan dengan teori maṣlaḥaḥ murṣalaḥ.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Shofwatul Aini
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 05 Jun 2023 01:34
Last Modified: 05 Jun 2023 01:34
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23325

Actions (login required)

View Item View Item