Tinjauan Hukum Islam Terhadap Praktik Jual Beli Ikan Pindang di Pasar Jetis Kabupaten Ponorogo

Rahayu Awaliya, Melina (2023) Tinjauan Hukum Islam Terhadap Praktik Jual Beli Ikan Pindang di Pasar Jetis Kabupaten Ponorogo. Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
102190133_Melina Rahayu Awaliya_Hukum Ekonomi Syariah.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK

Awaliya, Melina Rahayu 2023, Tinjauan Hukum Islam Terhadap Praktik Jual Beli Ikan Pindang di Pasar Jetis Kabupaten Ponorogo. Skripsi Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Dr. Moh. Mukhlas, M.Pd.
Kata Kunci/Keywords: Jual Beli, Ija>rah, Negosiasi
Sebagaimana aturan yang terdapat dalam Islam, akad dinyatakan sah apabila telah memenuhi rukun-rukun yang ada. Di dalam akad jual beli/ba’i ada empat rukun yang harus dipenuhi yaitu adanya pihak yang berakad, objek akad, ijab kabul/sighat, dan nilai pengganti objek akad. Adapun rukun yang harus dipenuhi dalam akad ija>rah yaitu adanya pihak yang berakad, objek atau manfaat, ijab kabul/sighat, dan ujrah atau upah. Pelaksanaan akad terjadi antara pihak pemasok dan pedagang ikan pindang di pasar Jetis Kabupaten Ponorogo, namun pada transaksi ini terdapat ketidakjelasan akad karena kedua belah pihak yang tidak bertemu secara langsung di awal transaksi. Hal ini yang menyebabkan adanya perbedaan penafsiran akad yang digunakan antara kedua belah pihak. Selain itu dalam transaksi antara pedagang dan pemasok ikan pindang terdapat pula negosiasi yang diduga terjadi setelah adanya kesepakatan.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu (1) bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap jenis akad yang digunakan dalam transaksi antara pemasok dan pedagang ikan pindang di pasar Jetis kabupaten Ponorogo? dan (2) bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap adanya negosiasi pascaakad dalam transaksi antara pemasok dan pedagang ikan pindang di pasar Jetis kabupaten Ponogoro?
Adapun penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan studi kasus. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi, dan observasi. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode induktif.
Dari penelitian yang telah dilaksanakan dapat ditarik kesimpulan bahwa apabila ditinjau dengan hukum Islam akad yang digunakan antara pemasok dan pedagang ikan pindang sah karena merupakan jenis akad jual beli/ba’i. Adapun mengenai negosiasi yang dilakukan pedagang terhadap pemasok tidak dilarang dalam islam karena pada akhirnya pemasok mengizinkan adanya negosiasi dan kedua belah sepakat dengan jumlah uang setoran di siang hari.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Moh. Mukhlas
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 05 Jun 2023 01:33
Last Modified: 05 Jun 2023 01:33
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23323

Actions (login required)

View Item View Item