Tinjauan Maslahat Terhadap Pendampingan Proses Produk Halal Di PHC (Ponorogo Halal Center) IAIN Ponorogo

Utami, Vika Fitryani (2023) Tinjauan Maslahat Terhadap Pendampingan Proses Produk Halal Di PHC (Ponorogo Halal Center) IAIN Ponorogo. Other thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
102190181_Vika Fitryani Utami_Hukum Ekonomi Syariah.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Utami, Vika Fitryani 2023. Tinjauan Maslahat Terhadap Pendampingan Proses Produk Halal di PHC (Ponorogo Halal Center) IAIN Ponorgo. Skripsi Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syari’ah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Yudhi Achmad Bashori, M.H.I.
Kata Kunci/Keywords :Maslahat, Pendamping, Pelaku Usaha
Masyarakat muslim dianjurkan untuk mengonsumsi makanan dan minuman halal. Dalam memenuhi hal tersebut maka pelaku menghasilkan produk halal wajib memiliki sertifikat halal. Dengan dibentuknya pendampingan proses produk halal di PHC IAIN Ponorogo akan membantu berlangsungnya sertifikasi halal. Sehingga, adanya pembentukan pendampingan proses produk halal di PHC IAIN Ponorogo memberikan maslahat bagi masyarakat.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana analisis tingkat maslahat terhadap sertifikat halal menurut pendamping PPH dalam pendampingan proses produk halal di PHC IAIN Ponorogo?. Bagaimana analisis tingkat maslahat terhadap sertifikat halal menurut pelaku usaha dalam pendampingan proses produk halal di PHC IAIN Ponorogo?
Adapun skripsi ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan normatif. Sedangkan teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, dokumentasi, dan observasi. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deduktif.
Dari penelitian yang dilakukan selama skripsi dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan tingkat maslahat terhadap sertifikat halal menurut pendamping PPH dan pelaku usaha. Dimana tingkat maslahat terhadap sertifikat halal menurut pendamping PPH dalam Pendampingan Proses Produk Halal di PHC IAIN Ponorogo dikategorikan dalam tingkatan mas{lah{ah d{aru>ri>yah yang keberadaannya sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Sedangkan menurut pelaku usah dikategorikan dalam tingkatan mas{lah{ah tah{si>ni>yah yang didasarkan untuk menjaga kehormatan dan melindungi kesempurnaan kelima kebutuhan pokok manusia.

Item Type: Thesis (Other)
Thesis Supervisor: Yudhi Achmad Bashori
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 05 Jun 2023 01:22
Last Modified: 05 Jun 2023 01:22
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23322

Actions (login required)

View Item View Item