Tinjauan Maqasid Shariah Terhadap Perlindungan Konsumen Dalam Transaksi Jual Beli di Marketplace Facebook

Wahid, Mohammad Nur (2023) Tinjauan Maqasid Shariah Terhadap Perlindungan Konsumen Dalam Transaksi Jual Beli di Marketplace Facebook. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
102190024_Mohammad Nur Wahid_Hukum Ekonomi Syariah.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Wahid, Mohammad Nur, 2023. Tinjauan Maqa>s}id Shari>´ah Terhadap Perlindungan Konsumen Dalam Transaksi Jual Beli Di Marketplace Facebook. Skripsi. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Drs. H. M. Muhsin, M.H.
Kata Kunci: Perlindungan Konsumen, Marketplace, Maqa>s}id Shari>´ah
Manusia senantiasa berusaha memenuhi kebutuhan hidupnya, salah satu usaha yang dilakukan manusia untuk memenuhi kebutuhannya yaitu bertransaksi jual beli. Seiring perkembangan zaman dan kemajuan teknologi, transaksi jual beli dapat dilakukan secara online melalui media sosial, salah satu media sosial yang marak yaitu facebook yang menyediakan fitur marketplace, fitur marketplace tersebut mewadahi dan mempertemukan antara penjual dan pembeli sehingga dapat melakukan transaksi dengan mudah cukup menggunakan android. Dalam marketplace facebook belum terdapat perlindungan konsumen secara resmi dan tertulis, namun terdapat perlindungan dari UUPK dan UU ITE. Maka perlindungan konsumen yang seperti ini di analisis menggunakan maqa>s}id shari>´ah.
Rumusan masalah yang di ambil berdasarkan latar belakang tersebut adalah bagaimana sistem layanan transaksi jual beli di marketplace facebook menurut maqa>s}id shari>´ah dan bagaimana perlindungan hukum terhadap konsumen transaksi jual beli di marketplace facebook ditinjau berdasarkan prinsip maqa>s}id shari>´ah.
Adapun jenis penelitian yang di gunakan adalah penelitian lapangan yang menggunakan metode kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah analisis induktif, yaitu metode analisis data yang mengemukakan fakta-fakta empirik yang bersifat khusus kemudian ditarik dalam penjelasan yang bersifat umum.
Dari penelitian ini dapat diambil kesimpulan bahwa: ditinjau berdasarkan maqa>s}id shari>´ah, transaksi jual beli di marketplace facebook ini sah dan diperbolehkan karena termasuk upaya untuk mencukupi kebutuhan umat manusia dan sistem transaksinya telah sesuai dengan unsur pokok maqa>s}id shari>´ah yaitu Hifz Mal (menjaga harta), maka dapat dinyatakan bahwa sistem transaksi jual beli di marketplace facebook telah sesuai dengan maqa>s}id shari>´ah. Berdasarkan hasil analisis, perlindungan konsumen dalam transaksi jual beli di marketplace facebook secara resmi memang tidak ada, meskipun terdapat perlindungan hukum dari UU ITE Pasal 28 Ayat 1 yang menjamin keamanan segala bentuk transaksi lewat media elektronik, namun di masyarakat luas masih banyak kasus penipuan di berbagai media online. Berdasarkan hal tersebut, perlindungan konsumen dalam marketplace facebook dirasa belum memenuhi tujuan utama maqa>s}id shari>´ah yaitu kemaslahatan umat, maka dapat dinyatakan bahwa perlindungan konsumen di marketplace facebook belum sesuai dengan maqa>s}id shari>´ah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: M. MUHSIN
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 05 Jun 2023 01:16
Last Modified: 05 Jun 2023 01:16
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23319

Actions (login required)

View Item View Item