PRAKTIK PENGGANTIAN SISA UANG BELANJA PERSPEKTIF MASLAHAH (STUDI KASUS KONSUMEN MINIMARKET INDOMARET)

Rifkiawatizahra, Rifkiawatizahra (2023) PRAKTIK PENGGANTIAN SISA UANG BELANJA PERSPEKTIF MASLAHAH (STUDI KASUS KONSUMEN MINIMARKET INDOMARET). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
PDF ETHESE 102190039 Rifkiawatizahra HES Skripsi.pdf

Download (2MB)

Abstract

Rifkiawatizahra 2023. Praktik Penggantian Sisa Uang Belanja Perspektif Mas}lah}ah (Studi Kasus Konsumen Minimarket Indomaret). Skripsi Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Soleh Hasan Wahid, M.H.
Kata Kunci: Mas}lah}ah, Sisa Uang Belanja, Donasi.

Sisa uang belanja merupakan uang kelebihan pembayaran yang harus dikembalikan kepada pembayar. Nominal sisa uang belanja umumnya berupa uang koin dengan nilai Rp 100,- hingga Rp 500,-. Berbeda dengan kebijakan yang diterapkan di minimarket Indomaret terkait sisa uang belanja yang digantikan menjadi sistem donasi. Hal ini diterapkan akibat adanya faktor yang menjadi kendala pada saat proses transaksi. Sehingga dengan adanya sistem donasi ini dapat memudahkan proses transaksi serta menjadi salah satu wujud kepedulian sosial dan menciptakan kemaslahatan umat. Namun, kebijakan ini mendapatkan pendapat dan dampak yang berbeda-beda diantara konsumen.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, bagaimana tinjauan mas}lah}ah terhadap faktor-faktor yang melatarbelakangi praktik penggantian sisa uang belanja? dan bagaimana tinjauan mas}lah}ah terhadap dampak praktik penggantian sisa uang belanja bagi konsumen?. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan metode pendekatan kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara (interview), pengamatan (observasi) dan dokumentasi. Teori yang digunakan dalam menganalisis adalah teori jual beli dan mas}lah}ah.
Adapun hasil analisis dari hasil penelitian yakni, penggantian sisa uang belanja akibat dari adanya beberapa faktor sulitnya peredaran uang koin dan harga produk ganjil (ood price) membuat kebutuhan uang koin meningkat sementara persediaan uang koin dalam setiap transaksi terbatas jumlahnya, sehingga kebijakan tersebut merupakan bentuk keringanan (rukhsah) menghilangkan kesulitan demi mencapai titik mas}lah}ah yakni dengan menggantikan sisa uang belanja menjadi sistem donasi, yang mana dalam hal ini sejalan dengan syariat islam yang mengedepankan kemudahan bagi setiap umat manusia serta tidak bertentangan dengan ketentuan yang ada dalam nash. Penggantian sisa uang belanja menjadi sistem donasi menimbulkan dampak yang berbeda-beda bagi konsumen, sebagian konsumen memaklumi hal tersebut sebagai kemudahan dalam transaksi dan sarana untuk menumbuhkan kepeduli, sedangkan di lain pihak belum menerima sepenuhnya terkait kebijakan yang ada. Namun pada dasarnya kebijakan tersebut ditujukan demi kemaslahatan umat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Soleh Hasan Wahid
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 05 Jun 2023 01:16
Last Modified: 05 Jun 2023 01:16
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23318

Actions (login required)

View Item View Item