PRAKTIK UTANG-PIUTANG PADA SHOPEE PINJAM (SPINJAM) MENURUT TEORI QARD (STUDI KASUS DI DESA NGLANDUNG RT 08/RW 01, KECAMATAN GEGER, KABUPATEN MADIUN)

Lestari, Nanda Tri (2023) PRAKTIK UTANG-PIUTANG PADA SHOPEE PINJAM (SPINJAM) MENURUT TEORI QARD (STUDI KASUS DI DESA NGLANDUNG RT 08/RW 01, KECAMATAN GEGER, KABUPATEN MADIUN). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
102190149_NANDA TRI LESTARI_HUKUM EKONOMI SYARIAH.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK

LESTARI, NANDA TRI 2023. Praktik Utang-Piutang Pada Shopee Pinjam
(Spinjam) Menurut Teori Qard (Studi Kasus Di Desa Nglandung Rt 08/ Rw 01, Kecamatan Geger, Kabupaten Madiun). Skripsi. Fakultas Syariah. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah. Institut Agama Islam Negeri Ponorogo (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Muhammad Ali Murtadlo, S.H.I., M.H.

Kata Kunci/ Keywords: Utang Piutang, Shopee Pinjam, Teori Qard
Dewasa ini, perkembangan teknologi memang sangat pesat. Salah satunya dalam sektor keuangan. Hal ini dibuktikan dengan munculnya fitur Shopee Pinjam (SPinjam) pada marketplace Shopee. Kemunculan SPinjam ini menjadi inovasi baru bagi mereka yang berkeinginan mencari pinjaman tanpa jaminan. Di Desa Nglandung RT 08/ RW 01, Kecamatan Geger, Kabupaten Madiun, mayoritas warga yang menggunakan SPinjam adalah remaja dan ibu-ibu muda.
Rumusan masalah yang menjadi fokus dalam penelitiann ini, pertama tentang bagaimana analisis qard terhadap akad utang-piutang pada Shopee Pinjam (SPinjam) di Desa Nglandung RT 08/ RW 01, Kecamatan Geger, Kabupaten Madiun dan kedua bagaimana analisis qard terhadap implementasi utang-piutang pada Shopee Pinjam (SPinjam) di Desa Nglandung RT 08/ RW 01, Kecamatan Geger, Kabupaten Madiun.
Adapun menurut jenis penelitiannya, skripsi ini termasuk penelitian lapangan (field research) sedangkan pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam (indepth interview), observasi dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode induktif.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pertama, praktik utang-piutang pada SPinjam yang dilakukan oleh ibu-ibu RT 08 desa Nglandung menggunakan shighat mu’athah atau shighat yang tidak disertai dengan lafaz atau hanya menggunakan tindakan, dan hal tersebut diperbolehkan menurut teori qard. Kedua, implementasi utang-piutang pada SPinjam di Desa Nglandung RT 08/ RW 01, Kecamatan Geger, Kabupaten Madiun tidak sesuai dengan teori qard dikarenakan adanya potongan biaya admin, bunga, serta biaya keterlambatan yang termasuk ke dalam riba Nasi’ah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Ali Murtadlo
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 05 Jun 2023 01:32
Last Modified: 05 Jun 2023 01:32
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23314

Actions (login required)

View Item View Item