..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PENGESAHAN, UPLOAD ULANG)..PENERAPAN BAURAN PEMASARAN PADA BINTANG SWALAYAN KECAMATAN JENANGAN KABUPATEN PONOROGO

Mahendra, Muhamad Rizal (2023) ..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PENGESAHAN, UPLOAD ULANG)..PENERAPAN BAURAN PEMASARAN PADA BINTANG SWALAYAN KECAMATAN JENANGAN KABUPATEN PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
401180252_M Rizal Mahendra__Ekonomi dan Bisnis Islam.pdf

Download (1MB)

Abstract

Persaingan bisnis ritel semakin berkembang dan memiliki banyak saingan dikarenakan pola hidup manusia saat ini. Oleh sebab itu setiap usaha harus mampu bersaing untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dengan jumlah besar. Sebagaimana usaha ritel yang sedang dijalankan oleh Bintang Swalayan Jenangan.Dimana Bintang Swalayan Jenangan memiliki kompetitor yang lokasinya saling berdekatan. Sehingga harus menerapkan bauran pemasaran (product, price, place, promotion, people, process, physical evidence) dengan baik, sehingga dapat bersaing kompetitor dengan cara yang sehat.
Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui dan menganalisis penerapan bauran pemasaran pada Bintang Swalayan Jenangan.Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan objek penelitian Bintang Swalayan Jenangan, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan observasi. Dengan menggunakan teknik analisis data secara induktif dimana peneliti melakukan pengamatan terkait proses Pemasaran yang ada di Bintang Swalayan Jenangan secara keseluruhan, sehingga peneliti dapat menarik kesimpulan secara umum. Hasil dari penelitian ini adalah Bintang Swalayan Jenangan belum sepenuhnya menerapkan Bauran Pemasaran dengan sempurna, dimana ketujuh unsur Bauran Pemasaran product, price, place,promotion, people, process, physical evidence sudah diterapkan dengan baik namun ada satu unsur yang belum maksimal yaitu Promosi. Promosi yang dijalankan saat ini kurang maksimal dimana hanya melakukan promosi secara offline dengan plang yang besar dan dari mulut ke mulut, sehingga pemasaran online dengan media sosial belum dimaksimalkan.Terdapat dua kendala yang dihadapi saat melakukan bauran pemasaran, yaitu kendala internal dan kendala eksternal.Kendala internal pada Bintang Swalayan Jenangan ada pada
kurang menguasainya terkait promosi secara online, dan keterlambatan pengiriman
dan tidak adanya stok barang dari pusat.Sedangkan kendala eksternal ada pada
pesaing yang berdekatan dengan Bintang Swalayan. Dampak dari penerapan Bauran
Pemasaran pada Bintang Swalayan Jenangan berdampak positif, dimana pengelola
Bintang Swalayan dapat mengatur strategi untuk mencapai hasil yang maksimal,
serta dapat mempertimbangkan keputusan yang akan diambil dan dapat
memperhatikan faktor – faktor agar Bintang Swalayan dapat bersaing.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Husna Ni'matul Ulya
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 05 Jun 2023 01:12
Last Modified: 05 Jun 2023 01:12
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23310

Actions (login required)

View Item View Item