Kajian Fikih Terhadap Transaksi Pembiayaan Cicil Emas Di BMT MBS Syariah Cabang Takeran

Purnamasari, Eka Putri (2023) Kajian Fikih Terhadap Transaksi Pembiayaan Cicil Emas Di BMT MBS Syariah Cabang Takeran. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
102190111_Eka Putri Purnamasari_Hukum Ekonomi Syariah.pdf

Download (3MB)

Abstract

Putri Purnamasari, Eka, 2023. Kajian Fikih Terhadap Transaksi Pembiayaan Cicil Emas Di BMT MBS Syariah Cabang Takeran. Skripsi. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Ahmad Junaidi M.H.I.

Kata kunci/keyword: Cicil Emas, Murabāhah, Rahn.

Para fuqaha menyimpulkan murabāhah sebagai suatu kegiatan jual beli barang dengan harga yang telah disepakati antara penjual dan pembeli setelah melakukan tersebut dan ditambah dengan margin keuntungan yang telah disepakati. Produk pembiayaan Cicil Emas adalah suatu program pembelian emas atau logam mulia dengan menggunakan akad murabāhah untuk anggota atau nasabah BMT MBS Syariah yang ingin memiliki emas untuk berinvestasi dengan jangka panjang atau menjaga dan mengamankan hartanya dari inflasi yang terjadi setiap tahun. Dalam Transaksi Produk Cicil Emas yang ada di BMT MBS Syariah Cabang Takeran sudah memenuhi empat rukun murabāhah. Dimana BMT MBS Syariah Cabang Takeran berperan sebagai penjual, Nasabah sebagai pembeli, emas sebagai objek, dan akad murabāhah sebagai ijab dan qabulnya. Tetapi pada penerapannya akad murabāhah pada produk cicil emas ini, emas yang dijadikan sebagai objek dari produk tersebut belum dimiliki oleh pihak BMT MBS Ketika terjadinya akad, serta objek yang belum dimiliki oleh pihak BMT MBS tersebut juga dijadikan sebagai jaminannya.
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk menjelaskan Tinjauan Fikih Terhadap Akad Pembiayaan Produk Cicil Emas di BMT MBS Syariah Cabang Takeran. (2) Untuk menjelaskan Tinjauan Fikih Terhadap Objek Akad Yang Dijadikan Jaminan dalam Produk Pembiayaan Cicil Emas di BMT MBS Syariah Cabang Takeran.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian penelitian lapangan (field research) mengenai produk cicil emas di BMT MBS Syariah Cabang Takeran. Pengumpulan data melalui wawancara, dan dokumentasi. Dari pengumpulan tersebut pembahasan pada skripsi ini menggunakan metode deskriptif analisis.
Dari penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa Pertama, Pelaksanaan produk pembiayaan cicil emas di BMT MBS Syariah Cabang Takeran dengan menggunakan akad murabāhah sudah sesuai, meskipun dalam transaksinya memiliki dua akad sekaligus hal ini diperbolehkan karena barang jaminan sudah menjadi milik nasabah saat terjadinya akad dan hal tersebut bukan termasuk dalam dua akad dalam satu transaksi karena tidak mengandung unsur riba didalamnya. Kedua, Objek akad Murabahab pada produk cicil emas di BMT MBS Syariah Cabang Takeran ialah diperbolehkan menurut kajian fikih karena pihak BMT MBS Syariah memiliki alas an tersendiri mengapa tidak memberikan objek yang diakadkan kepada nasabah secara langsung.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ahmad Junaidi
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 05 Jun 2023 01:31
Last Modified: 05 Jun 2023 01:31
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23307

Actions (login required)

View Item View Item