Analisis Hukum Islam Terhadap Kredit Online Dalam Aplikasi Akulaku

Wulandari, Anining Sri (2023) Analisis Hukum Islam Terhadap Kredit Online Dalam Aplikasi Akulaku. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
102190056_Anining Sri Wulandari_Hukum Ekonomi Syariah.pdf

Download (1MB)

Abstract

Wulandari, Anining Sri 2023. Analisis Hukum Islam Terhadap Kredit Online Dalam Aplikasi Akulaku. Skripsi Jurusan Hukum Ekonomi Syari’ah Fakultas Syari’ah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Dr. Abid Rohmanu, M.H.I.
Kata Kunci/Keywords : Kredit Online, Qarḍ, Riba
Kebutuhan manusia meliputi kebutuhan primer, sekunder, dan tersier dimana masing-masing kebutuhan memiliki prioritas berbeda untuk memenuhinya. Sehingga manusia membutuhkan bantuan untuk memenuhi hasratnya melalui kredit atau cicilan. Banyak jasa yang menawarkan cililan ini mulai dari kartu kredit bahkan kredit yang dilakukan secara online. Salah satu diantaranya adalah Aplikasi Akulaku. Pengajuan pinjaman uang secara online di Aplikasi Akulaku terbilang cukup mudah dan cepat. Namun kemudahan yang ada dalam transaksi di aplikasi tersebut di dalam akadnya terdapat syarat dan ketentuan atas tambahan bunga dan denda atas keterlambatan waktu pelunasan pinjaman yang ditetapkan.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana akad kredit online dalam aplikasi Akulaku ditinjau dari Hukum Islam? Bagaimana analisis hukum Islam terhadap pelaksanaan kredit online dalam aplikasi Akulaku?
Skripsi ini merupakan penelitian lapangan (field research), yaitu penelitian yang dilakukan secara langsung di lapangan untuk memperoleh data yang diperlukan dan penelitian yang obyeknya mengenai gejala-gejala atau peristiwa yang terjadi pada suatu kelompok masyarakat.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kredit online dalam aplikasi Akulaku ditinjau dalam Hukum Islam antara muqrid dan muqtarid belum memenuhi ketentuan akad dalam hukum Islam. Karena ada rukun berupa objek yang ditransaksikan belum terpenuhi yang seharusnya transaksi pinjamannya harus jelas dan syarat-syaratnya tidak terpenuhi. Sedangkan analisis hukum Islam terhadap pelaksanaan kredit online dalam Aplikasi Akulaku tidak sah karena ada salah satu syarat dari rukun yang belum terpenuhi. Syarat dari rukun tersebut berkaitan dengan objek yang ditransaksikan. Oleh karena itu tambahan atau bunga yang menyertai dari objek kredit dalam hal ini dikategorikan sebagai bagian dari riba. Karena dalam transaksi pengembalian pinjaman disertai dengan penambahan biaya. Padahal pada saat pinjaman nasabah sudah dipotong sebanyak 30% dari jumlah pinjaman.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Abid Rohmanu
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 05 Jun 2023 01:29
Last Modified: 05 Jun 2023 01:29
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23306

Actions (login required)

View Item View Item