Tinjauan Sosiologi Hukum Islam Terhadap Praktik Jual Beli Daging Oplosan (Studi Kasus Di Desa Sidorejo Kecamatan Kebonsari Kabupaten Madiun)

Sarjono, Winanti Azari (2023) Tinjauan Sosiologi Hukum Islam Terhadap Praktik Jual Beli Daging Oplosan (Studi Kasus Di Desa Sidorejo Kecamatan Kebonsari Kabupaten Madiun). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
102190184_Winanti Azari Sarjono_Hukum Ekonomi Syariah.pdf

Download (1MB)

Abstract

Sarjono, Winanti Azari. 2023. Tinjauan Sosiologi Hukum Islam Terhadap Praktik Jual Beli Daging oplosan (Studi Kasus Di Desa Sidorejo Kecamatan Kebonsari Kabupaten Madiun). Skripsi. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Farida Sekti Pahlevi, S.Pd.,S.H., M.Hum.
Kata Kunci/keyword: Sosiologi Hukum Islam, Jual Beli, Daging oplosan.

Sosiologi hukum Islam yaitu ilmu yang membahas korelasi antara hukum
Islam dengan fenomena sosial. Korelasi antara hukum Islam dengan fenomena
sosial dapat dilihat pada orientasi masyarakat dalam menerapkan hukum Islam.
Begitu juga sebaliknya pengaruh hukum Islam terhadap perubahan masyarakat. Di
Desa Sidorejo Kecamatan Kebonsari Kabupaten Madiun terdapat praktik jual beli
daging oplosan dimana praktik tersebut merugikan salah satu pihak
dikarenakan barang yang diperjualbelikan merupakan barang yang haram dan najis. Sehingga penulis tertarik untuk melakukan penelitian tentang “Tinjauan Sosiologi Hukum Islam Terhadap Praktik Jual Beli daging Oplosan Di Desa Sidorejo Kecamatan Kebonsari Kabupaten Madiun”.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Apa saja faktor-faktor yang melatar belakangi terjadinya praktik jual beli daging oplosan di Desa Sidorejo Kecamatan Kebonsari Kabupaten Madiun?. (2) Bagaimana tinjauan sosiologi hukum Islam terhadap praktik jual beli daging oplosan di Desa Sidorejo Kecamatan Kebonsari Kabupaten Madiun?.
Adapun skripsi ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Sedangkan teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, dan dokumentasi. Kemudian, metode analisis datanya menggunakan metode induktif.
Dari penelitian pada skripsi ini, berdasarkan sosiologi hukum Islam, dapat disimpulkan bahwa praktik pelaksanaan transaksi jual beli daging oplosan ini tidak diperbolehkan karena merupakan praktik jual beli yang dilarang yang mengandung unsur tipuan. Transaksi jual beli daging oplosan ini memiliki beberapa faktor yang melatar belakangi terjadinya jual beli daging oplosan ini: Pertama, faktor keuntungan. Kedua, faktor lingkungan dan yang Ketiga, faktor kebiasaan. Praktik jual beli daging oplosan ini berdasarkan teori tindakan sosial Max Weber, lebih dominan pada tindakan rasional instrumental yang berkaitan dengan motif dan tujuan para pelaku usaha yaitu mencari keuntungn yang lebih tinggi dan tindakan tradisional yaitu berdasarkan kebiasaan-kebiasaan yang sudah mengakar sejak dahulu.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Farida Sekti Pahlevi
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 05 Jun 2023 01:27
Last Modified: 05 Jun 2023 01:27
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23296

Actions (login required)

View Item View Item