Analisis Sadd Al-Dhari'ah Terhadap Konten Challenge di Live TikTok

Damayanti, Lolyta Irda (2023) Analisis Sadd Al-Dhari'ah Terhadap Konten Challenge di Live TikTok. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
102190129_Lolyta Irda Damayanti_Hukum Ekonomi Syariah.pdf

Download (2MB)

Abstract

Damayanti, Lolyta Irda 2023. Analisis Sadd Al-Dhari’ah Terhadap Konten Challenge Di Live Tiktok. Skripsi Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Intitut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Soleh Hasan Wahid M.H.
Kata Kunci/Keywords: Konten Challenge, Sadd Al-Dhari’ah, Maslahat, Mudharat.
Konten Challenge merupakan video yang mengajak penonton atau pengguna untuk memberikan sebuah tantangan kepada kreator. Biasanya konten challenge di Live streaming TikTok, kreator membuat tantangan yang dirasa unik, aneh atupun tidak lazim sehingga membuat penonton tertarik dan rela memberikan koin. Konten challenge menjadi salah satu konten yang menjadi trend di aplikasi TikTok, tentunya terdapat dampak bagi kehidupan. Dampak tersebut diukur dari teori kemaslahatan yaitu pokok maslahah al khamsah. Terdapat aspek kemaslahatan dan kemudharatan bagi masyarakat akan diukur dari sadd Al-Dhari’ah. Adapun kaitannya dengan sadd al dhari’ah dalam konten challenge apabila tidak diperhatikan akan terjadi ketimpangan terhadap agama, jiwa, akal, keturunan dan harta.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana analisis kemaslahatan dan kemudharatan dari Konten Challenge di live Tiktok? Bagaimana Sadd Al-Dhari’ah terhadap konten Challenge di Live Tiktok?
Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan analisis data induktif. Metode yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis dalam pembahasan ini adalah analisa diskriptif kualitatif.
Hasil dari penelitian ini Berdasarkan hasil penelitian konten challenge di Live Tiktok terdapat aspek kemaslahatan dan kemudharatan. Dilihat dari aspek kemaslahatan konten challenge dapat memberikan hiburan bagi masyarakat, menjadi sumber penghasilan bagi kreator, dan juga menambah popularitas. Kemudian dilihat dari aspek kemudharatan konten challenge memberikan dampak yang cukup banyak dibanding aspek maslahah. Aspek tersebut antara lain pemborosan waktu, hilangnya rasa malu, menurunkan tingkat produktifitas, sarana ujaran kebencian, menjadi trend negatif. Berdasarkan hasil penelitian konten challenge di live streaming TikTok ditinjau dari sadd al dhari’ah, bahwa konten ini telah memeberikan aspek kemudharatan lebih banyak daripada kemaslahatan sehingga menurut kaidah fiqh sadd Al-Dhari’ah, menolak keburukan (mafsadah) lebih diutamakan daripada kebaikan (maslahah), maka konten seperti ini sangat dianjurkan untuk ditinggalkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Soleh Hasan Wahid
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 05 Jun 2023 01:03
Last Modified: 05 Jun 2023 01:03
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23293

Actions (login required)

View Item View Item