Analisis Penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Di Desa Klecorejo Kecamatan Mejayan Kabupaten Madiun Perspektif Teori Keadilan

Setyoningsih, Ayu (2023) Analisis Penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Di Desa Klecorejo Kecamatan Mejayan Kabupaten Madiun Perspektif Teori Keadilan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
102190060_AYU SETYONINGSIH_HUKUM EKONOMI SYARIAH.pdf

Download (1MB)

Abstract

Setyoningsih, Ayu, 2023. Analisis Penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Di Desa Klecorejo Kecamatan Mejayan Kabupaten Madiun Perspektif Teori Keadilan. Skripsi. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Niswatul Hidayati, M.H.I.
Kata kunci/keyword: Keadilan, Bantuan Langsung Tunai
Keadilan merupakan sebuah upaya untuk menempatkan sesuatu pada tempatnya. Bantuan Langsung Tunai adalah salah satu dari beberapa model skema perlindungan sosial yang berbasis bantuan sosial. Salah satu desa yang menerima Bantuan Langsung Tunai adalah Desa Klecorejo Kecamatan Mejayan Kabupaten Madiun. Dalam praktik pelaksanaan penyaluran di Desa Klecorejo Kecamatan Mejayan Kabupaten Madiun. Terdapat ketimpangan dalam penyaluran pendistribusian Bantuan Langsung Tunai bahwa pendataannya kurang tepat sasaran. Selain itu pada pendistribusian Bantuan Langsung Tunai untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat di Desa Klecorejo Kecamatan Mejayan Kabupaten Madiun ada hal-hal yang menurut pertimbangan penulis menarik untuk diteliti.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) di Desa Klecorejo Kecamatan Mejayan Kabupaten Madiun perspektif teori keadilan? Bagaimana dampak hukum penyaluran program Bantuan Langsung Tunai (BLT) menurut perspektif teori keadilan ?
Adapun jenis penelitian yang dilakukan penulis merupakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah analisis induktif yaitu merupakan pembahasan yang dilakukan dengan menarik suatu kesimpulan yang bertitik tolak pada pengetahuan yang umum yang kemudian digunakan untuk menilai suatu kejadian yang khusus.
Dari analisis data dapat disimpulkan bahwa 1. Penyaluran Bantuan Langsung Tunai di Desa Klecorejo masih belum cukup maksimal dan belum dilaksanakan secara adil, hal tersebut dibuktikan dengan adanya masyarakat yang seharusnya tidak mendapatkan Bantuan Langsung Tunai tersebut namun mendapatkan, sehingga tidak sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan oleh peraturan. 2. Dampak hukum pendistribusian penyaluran Bantuan Langsung Tunai menimbulkan keresahan masyarakat dan ketimpangan ekonomi dimana hal tersebut bertentangan dengan keadilan itu sendiri.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Niswatul Hidayati
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 05 Jun 2023 00:58
Last Modified: 05 Jun 2023 00:58
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23288

Actions (login required)

View Item View Item