FACEBOOK SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI BAGI PENYIAR DI RADIO SONGGOLANGIT FM PONOROGO

Wulandari, Sri (2023) FACEBOOK SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI BAGI PENYIAR DI RADIO SONGGOLANGIT FM PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
E-THESIS watermark pdf.pdf

Download (1MB)

Abstract

Radio merupakan lembaga yang menyediakan daluran untuk menghubungkan orang tertentu dengan orang lain, memproduksi dan mendistribusikan pengetahuan informasi dan memiliki ketergantungan terhadap imbalan kerja, teknologi maupun kebutuhan. Dalam hal ini penyiar harus membawakan program acara dengan baik, mengingat di Radio Songgolangit harus mempertahankan eksistensi dan minat pendengar setia serta dalam program penyiaran tentu memiliki tantangan tersendiri.
Berdasarkan uraian diatas peneliti akan membahas Facebook sebagai media komunikasi bagi penyiar di Radio Songgolangit FM Ponorogo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pandangan penyiar radio, motif penggunaan Facebook sebagai media komunikasi dan hambatan apa saja yang terjadi selama penggunaan Facebook sebagai media komunikasi di Radio Songgolangit FM Ponorogo.Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif dengan prosedur pengumpulan data berupa wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian meliputi Penyiar Radio Songgolangit FM, Wakil Direktur, dan Program Manager. Hasil perolehan data dianalisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menerangkan pandangan penyiar terhadap penggunaan Facebook meliputi dua faktor yang mempengaruhi yakni penilaian (Value) untuk mencapai tujuan berupa harapan (expectancy). Motif penggunaan yang sangat mempengaruhi penggunna berupa informasi dan hiburan yang dapat mempertahankan eksistensi penggunaan Facebook. Dan hambatan yang dihadapi oleh penyiar Radio Songgolangit FM berupa teknis dan non teknis. Hambatan teknis meliputi hambatan semantik, mekanis, ekologis, dan prasangka, serta hambatan non teknis meliputi suasana hati. Dengan demikian hambatan teknis lebih besar daripada hambatan non teknis yang mana hambatan-hambatan ini berdampak pada proses siaran dan kenyamanan pendengar.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ahmad Munir
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 05 Jun 2023 01:23
Last Modified: 05 Jun 2023 01:23
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23287

Actions (login required)

View Item View Item