Naskah Akademik Rancangan Peraturan Daerah Kabupaten Ponorogo Tentang Pengendalian dan Pengawasan Terhadap Peredaran Minuman Beralkohol Perspektif Maqāṣid Sharī‘ah

Sari, Sella (2023) Naskah Akademik Rancangan Peraturan Daerah Kabupaten Ponorogo Tentang Pengendalian dan Pengawasan Terhadap Peredaran Minuman Beralkohol Perspektif Maqāṣid Sharī‘ah. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
102190172_Sella Ellissa Devita Sari_Hukum Ekonomi Syariah.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK

Sari, Sella Ellissa Devita. 2023. Naskah Akademik Rancangan Peraturan Daerah Kabupaten Ponorogo Tentang Pengendalian dan Pengawasan Terhadap Peredaran Minuman Beralkohol Perspektif Maqāṣid Sharī‘ah. Skripsi. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing M. Ilham Tanzilulloh, M.H.I.

Kata Kunci/Keywords : Naskah Akademik, Minuman Beralkohol, Maqāṣid Sharī‘ah, Regulatory Impact Assessment (RIA)

Naskah akademik yang baik disusun agar idealnya dijadikan sebagai dasar dan pedoman dalam pembentukan Peraturan Daerah. Salah satunya adalah penyusunan Naskah Akademik Rancangan Peraturan Daerah Kabupaten Ponorogo tentang Pengendalian dan Pengawasan Terhadap Peredaran Minuman Beralkohol yang disusun dengan memperhatikan kepentingan syariat-syariat Islam dan Regulatory Impact Assessment (RIA) guna sebagai landasan dalam pengambilan keputusan pemerintah mengenai regulasi baru mengenai masalah pengendalian dan pengawasan terhadap peredaran minuman beralkohol di Kabupaten Ponorogo .
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimana analisis maqāṣid sharī‘ah Naskah Akademik Rancangan Peraturan Daerah Kabupaten Ponorogo Tentang Pengendalian dan Pengawasan Terhadap Peredaran Minuman Beralkohol? (2) Bagaimana Regulatory Impact Assessment (RIA) pada Naskah Akademik Rancangan Peraturan Daerah Kabupaten Ponorogo Tentang Pengendalian dan Pengawasan Terhadap Peredaran Minuman Beralkohol?
Adapun penelitian ini merupakan penelitian normatif dengan menggunakan metode pendekatan perundang-undangan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan dokumentasi dan wawancara sebagai penunjang dalam analisis data. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis induktif.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa isi dan subtansi dari Naskah Akademik Rancangan Peraturan Daerah Kabupaten Ponorogo Tentang Pengendalian dan Pengawasan Terhadap Peredaran Minuman Beralkohol telah sesuai dengan konsep maqāṣid sharī‘ah. Karena faktor pertama, pengaturan yang ada disusun untuk memenuhi tujuan syariat Islam yaitu h{ifz{ di>n (menjaga agama) dan h{ifz{’aql (menjaga akal). Faktor kedua, kemanfaatan pengaturan dalam Naskah Akademik tersebut tidak hanya diberlakukan untuk memenuhi kepentingan masyarakat muslim Ponorogo, melainkan untuk menjamin kesehatan, kesejahteraan, kemakmuan, dan kemaslahatan umum lingkungan Kabupaten Ponorogo. Kemudian dalam penyusunan Naskah Akademik Rancangan Peraturan Daerah Kabupaten Ponorogo Tentang Pengendalian dan Pengawasan Terhadap Peredaran Minuman Beralkohol belum sepenuhnya memperhatikan indikator Regulatory Impact Assessment (RIA), namun telah sesuai dengan konsep maqāṣid sharī‘ah sebab penyertaan Naskah Akademik dapat meminimalisir kemudharatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: M. Ilham Tanzilulloh
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 05 Jun 2023 00:50
Last Modified: 05 Jun 2023 00:50
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23285

Actions (login required)

View Item View Item