Tinjauan Sosiologi Hukum Islam Terhadap Produk Pangan Industri Rumah Tangga Tanpa Sertifikasi Dan Label Halal (Studi Di Desa Tajug Kecamatan Siman Kabupaten Ponorogo

Cahyani, Yunita (2023) Tinjauan Sosiologi Hukum Islam Terhadap Produk Pangan Industri Rumah Tangga Tanpa Sertifikasi Dan Label Halal (Studi Di Desa Tajug Kecamatan Siman Kabupaten Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
102190186_YUNITA CAHYANI_HES (HUKUM EKONOMI SYARIAH).pdf

Download (1MB)

Abstract

YUNITA CAHYANI, 2023, Tinjauan Sosiologi Hukum Islam terhadap Produk Pangan Industri Rumah Tangga Tanpa Sertifikasi dan Label Halal (Studi Di Desa Tajug Kecamatam Siman Kabupaten Ponorogo) Skripsi Jurusan Hukum Ekonomi Syari’ah Fakultas Syari’ah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Niswatul Hidayati, M.H.I.
Kata Kunci : Sertifikasi Halal, Produk Pangan Industri Rumah Tangga, Sosiologi Hukum Islam
Pentingnya sertifikasi halal ini untuk kemaslahatan umat dan juga dengan diterapkannya sertifikasi halal oleh pelaku usaha dapat meningkatkan nilai kualitas serta kepercayaan konsumen terhadap suatu produk. Namun, realita di lapangan tidak sedikit pelaku usaha yang belum mendaftarkan produknya untuk sertifikasi halal, oleh karena itu diharapkan pelaku usaha maupun masyarakat sadar dan peka terhadap pentingya sertifikasi halal ini.
Rumusan masalah dalam penelitian adalah 1. Bagaimana tinjauan sosiologi hukum Islam terhadap faktor-faktor yang melatarbelakangi produk pangan industri rumah tangga tanpa sertifikat dan label halal di Industri Rumah Tangga Desa Tajug Kecamatan Siman Kabupaten Ponorogo? 2. Bagaimana analisis sosiologi hukum Islam terhadap kepatuhan hukum masyarakat terhadap Pasal 29 Undang-Undang Republik Indonesia No. 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal Mengenai Pengajuan Permohonan Sertifikat Halal di Industri Rumah Tangga Desa Tajug Kecamatan Siman Kabupaten Ponorogo?
Skripsi ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan yuridis-sosiologis. Sedangkan teknik pengumpulan data dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan metode induktif.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kesadaran hukum masyarakat Desa Tajug masih tergolong rendah atau belum bisa dikatakan mempunyai kesadaran hukum dikarenakan belum terpenuhinya keempat indikator (pengetahuan hukum, pemahaman hukum, sikap dan pola perilaku hukum) mengenai tingkatan kesadaran hukum. Analisis sosiologi hukum kepatuhan masyarakat mengenai Pasal 29 Undang-Undang Republik Indonesia No. 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal Mengenai Pengajuan Permohonan Sertifikat Halal di Industri Rumah Tangga Desa Tajug Kecamatan Siman Kabupaten Ponorogo masih digolongkan pada tahap compliance. Di mana dalam hal ini alasan sebagian masyarakat untuk mematuhi aturan hukum tersebut didasari untuk menghindarkan masalah di kemudian hari.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Niswatul Hidayati
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 05 Jun 2023 01:11
Last Modified: 05 Jun 2023 01:11
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23280

Actions (login required)

View Item View Item