..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS, UPLOAD ULANG)..PERAN PENYULUH AGAMA ISLAM DALAM MEMINIMALISIR PERKAWINAN DINI UNTUK MEWUJUDKAN KELUARGA SAKINAH PERSPEKTIF SOSIOLOGI HUKUM (Studi Kasus di KUA Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo)

Mauludiyah, Triana (2023) ..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS, UPLOAD ULANG)..PERAN PENYULUH AGAMA ISLAM DALAM MEMINIMALISIR PERKAWINAN DINI UNTUK MEWUJUDKAN KELUARGA SAKINAH PERSPEKTIF SOSIOLOGI HUKUM (Studi Kasus di KUA Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
TRIANA MAULUDIYAH-101190101-HUKUM KELUARGA ISLAM.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Mauludiyah, Triana 2023. Peran Penyuluh Agama Islam dalam Meminimalisir Perkawinan Dini untuk Mewujudkan Keluarga Sakinah Perspektif Sosiologi Hukum (Studi Kasus di KUA Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo). Skripsi Jurusan Hukum Keluarga Islam Fakultas Syari'ah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Khairil Umami, M.S.I.
Kata Kunci/Keywords : Peran Penyuluh Agama Islam, Keluarga Sakinah, Sosiologi Hukum
Berangkat dari adanya penurunan angka perkawinan dini yang terjadi tiga tahun terakhir di KUA Kecamatan Jenangan, sesuai dengan struktur organisasi di KUA, Penyuluh Agama Islam berperan penting dalam meminimalisir perkawinan dini tersebut guna untuk mewujudkan keluarga sakinah. Peran dan tanggung jawab Penyuluh Agama Islam ditinjau dari perspektif sosiologi hukum.
Meminimalisir perkawinan dini menjadi salah satu tugas Penyuluh Agama Islam. Hal ini timbul pertanyaan mengenai peranannya dalam mengatasi perkawinan dini yang terjadi. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kajian sosiologi hukum terhadap implementasi peran Penyuluh Agama Islam di KUA Kecamatan Jenangan dalam meminimalisir perkawinan dini melalui penyuluhan pra nikah untuk mewujudkan keluarga sakinah? Bagaimana kajian sosiologi hukum terhadap pengaruh peran Penyuluh Agama Islam terhadap perkawinan dini di KUA Kecamatan Jenangan melalui penyuluhan pra nikah untuk mewujudkan keluarga sakinah?
Adapun skripsi ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan sosiologi hukum. Sedangkan teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, dokumentasi, dan observasi.
Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode induktif.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa peran penyuluh dalam meminimalisir perkawinan dini untuk mewujudkan keluarga sakinah diimplementasikan dalam bentuk sosialisasi, bimbingan/penyuluhan kepada masyarakat, dan penyuluhan pra nikah di KUA Kecamatan Jenangan. Hal itu dilaksanakan oleh pihak KUA serta beberapa penyuluh yang memiliki kompetensi di bidang tersebut. Apabila ditinjau dari kacamata sosiologi hukum, penyuluhan pra nikah dilaksanakan berdasarkan kesepakatan bersama dari para penyuluh. Mengingat tujuan yang memiliki kemanfaatan hukum dalam meminimalisir perkawinan dini untuk mewujudkan keluarga sakinah. Peran penyuluh itu sendiri memiliki pengaruh yang positif bagi masyarakat secara umum untuk lebih mempersiapkan secara matang sebelum melangsungkan perkawinan dengan berlandaskan UU Nomor 26 Tahun 2019 tentang Perkawinan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Khairil Umami
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 05 Jun 2023 01:06
Last Modified: 05 Jun 2023 01:06
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23274

Actions (login required)

View Item View Item