Perlindungan Konsumen Terhadap Peraturan Toko Kado Kita Ponorogo Perspektif Hukum Positif Dan Hukum Islam

Kusuma, Rifdah Tifa (2023) Perlindungan Konsumen Terhadap Peraturan Toko Kado Kita Ponorogo Perspektif Hukum Positif Dan Hukum Islam. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
RIFDAH TIFA KUSUMA_SKRIPSI_HES.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kusuma, Rifdah Tifa 2023. Perlindungan Konsumen Terhadap Peraturan Toko Kado Kita Ponorogo Perspektif Hukum Positif dan Hukum Islam. Skripsi Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Endrik Safudin, M.H.
Kata Kunci/Keywords : Perlindungan Konsumen, Hukum Positif, Hukum Islam.
Di era globalisasi dan perdagangan bebas saat ini, banyak bermunculan berbagai macam produk barang atau pelayanan jasa yang dipasarkan kepada konsumen, baik melalui promosi online maupun penawaran barang secara langsung. Apabila tidak berhati-hati, konsumen bisa saja dirugikan karena adanya bentuk kesalahan akibat pelanggaran peraturan. Seperti yang terjadi di toko Kado Kita Ponorogo yang merupakan toko gift box berbasis online. Toko ini telah menerapkan syarat dan ketentuan yang dijadikan peraturan dalam transaksi jual beli. Syarat dan ketentuan tersebut ternyata masih memunculkan adanya masalah.
Rumusan masalah dalam penelitian adalah: (1) Bagaimana wujud perlindungan konsumen dalam peraturan toko Kado Kita Ponorogo ditinjau dari hukum positif dan hukum Islam? (2) Bagaimana bentuk tanggung jawab dalam peraturan toko Kado Kita Ponorogo ditinjau dari hukum positif dan hukum Islam?
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif lapangan dengan menggunakan pendekatan normatif-empiris. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis reduksi, yakni proses pemilihan dan penyederhanaan data kasar yang berasal dari catatan-catatan di lapangan agar dapat disajikan dalam bentuk bentuk narasi untuk kemudian ditarik kesimpulannya.
Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) perlindungan konsumen dalam peraturan toko Kado Kita Ponorogo belum sesuai dengan hukum positif dan hukum Islam, dikarenakan salah satu poin syarat dan ketentuan belum memenuhi asas perlindungan konsumen yaitu asas keadilan, keamanan serta keselamatan, dan asas al-adl. Dimana terdapat tambahan biaya terhadap packaging gift box, padahal barang yang dijual memiliki risiko rusak. (2) Bentuk tanggung jawab dalam peraturan toko Kado Kita Ponorogo sebenarnya belum sesuai, baik dari hukum positif maupun hukum Islam. Hal ini dibuktikan dengan belum terpenuhinya contractual liability karena adanya keterlambatan pengiriman barang ganti rugi yang tidak sesuai dengan syarat dan ketentuan. Dimana apabila ditinjau dari UUPK maka hal tersebut melanggar perbuatan yang dilarang oleh pelaku usaha, sedangkan dalam hukum Islam hal ini tidak sesuai dengan asas ¬ash-shiddiq. Adapun product liability dalam peraturan toko Kado Kita Ponorogo ini telah diterapkan, sebab toko bersedia memberikan ganti rugi barang yang cacat. Sehingga apabila ditinjau dari hukum positif maka sudah sesuai dengan UUPK pasal 19 dan dalam hukum Islam telah memenuhi dhaman aqdin. Kemudian strict liabilty belum terpenuhi karena masih dijumpai pembeli yang mendapatkan warna jilbab tidak sesuai dengan pesanan, sehingga baik dalam hukum positif maupun dalam hukum Islam hal tersebut melanggar hak konsumen yaitu hak memilih.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Endrik Safudin
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 05 Jun 2023 01:04
Last Modified: 05 Jun 2023 01:04
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23272

Actions (login required)

View Item View Item