(SURAT PERNYATAAN BERMATEREI 10.000 BUKAN 6000) EKTIVITAS SERTIFIKASI TANAH WAKAF MELALUI PENDAFTARAN TANAH SISTEMATIS LENGKAP (PTSL) DI DESA TUMPUK KECAMATAN BANDAR KABUPATEN PACITAN

Ikhsan, Muhammad (2023) (SURAT PERNYATAAN BERMATEREI 10.000 BUKAN 6000) EKTIVITAS SERTIFIKASI TANAH WAKAF MELALUI PENDAFTARAN TANAH SISTEMATIS LENGKAP (PTSL) DI DESA TUMPUK KECAMATAN BANDAR KABUPATEN PACITAN. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
101190230-Muhammad Ikhsan-Syariah.pdf

Download (1MB)

Abstract

Ikhsan, Muhammad. 101190230. Efektivitas Sertifikasi Tanah Wakaf Melalui Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) Di Desa Tumpuk Kecamatan Bandar Kabupaten Pacitan. Skripsi. Jurusan Hukum Keluarga Islam Fakultas Syariah Institut Agama Islan Negeri (IAIN) Ponorogo, Pembimbing Dr. H. Agus Purnomo, M. Ag.

Kata Kunci/keywords:Sertifikasi Tanah Wakaf, Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap, Efektivitas Hukum.

Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) merupakan kegiatan pendaftaran tanah untuk pertama kali yang dilakukan secara serentak bagi semua objek pendaftaran tanah di seluruh wilayah Republik Indonesia dalam satu wilayah desa/kelurahan atau nama lainnya yang setingkat dengan itu, yang meliputi pengumpulan dan penetapan kebenara data fisik dan data yuridis mengenai satu atau beberapa objek tanah untuk keperluan pendaftarannya. Begitu juga dengan tanah wakaf yang belum mempunyai sertifikat, dengan adanya program pemerintah berupa Pendaftaran Tanah Sistematis (PTSL) maka hal tersebut merupakan kesempatan bagi tanah-tanah yang belum bersertifikat untuk mengajukan pendaftaran sertifikasi tanah supaya mendapat kepastian hukum dan perlindungan hukum agar sengketa hak atas tanah tidak terjadi di kemudian hari.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana analisis Efektivitas Hukum program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) dalam sertifikasi tanah wakaf di Desa Tumpuk Kecamatan Bandar Kabupaten Pacitan? (2) Bagaimana analisis Efektivitas Hukum terhadap faktor pendukung serta faktor penghambat dalam sertifikasi tanah wakaf melalui program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di Desa Tumpuk Kecamatan Bandar Kabupaten Pacitan?

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis lebih lanjut tentang efektivitas hukum program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) terhadap sertifikasi tanah wakaf yang ada di Desa Tumpuk Kecamatan bandar Kabupaten Pacitan. Adapun skripsi ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan hukum empiris, sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan wawancara, dokumentasi dan observasi.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa program sertifikasi tanah wakaf melalui Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) sudah berjalan dengan lancar dan efektif, terbukti dari meningkatnya jumlah tanah wakaf yang bersertifikat dalam 2 kali program yaitu pada tahun 2017 dan pada tahun 2021. Program ini bisa dikatakan efektif karena memenuhi tiga dari lima faktor efektivitas hukum. Dari kelima faktor efektivitas hukum yang digunakan untuk menganalisis, faktor penegak hukum dan faktor kebudayaan yang bisa dikatakan tidak efektif. Begitu juga dengan faktor pendukung dan penghambat sertifikasi tanah wakaf melalui PTSL bisa dikatakan efektif, hanya faktor budaya masyarakat yang membuat program tersebut tidak efektif, selebihnya sudah terbukti efektif. Hal ini menunjukkan bahwa program sertifikasi tanah wakaf melalui Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) telah menjadi solusi dalam meningkatkan jumlah tanah wakaf yang terdaftar secara resmi dan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat yang membutuhkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Agus Purnomo
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 05 Jun 2023 00:53
Last Modified: 05 Jun 2023 00:53
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23268

Actions (login required)

View Item View Item