Analisis Terhadap pengelolaan Simpanan Anggota Koperasi Mahasiswa Al-hikmah IAIN Ponorogo

Fatmawati, Fina Furi (2023) Analisis Terhadap pengelolaan Simpanan Anggota Koperasi Mahasiswa Al-hikmah IAIN Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
102190063_Fina Furi Fatmawati_Hukum Ekonomi Syariah.pdf

Download (1MB)

Abstract

Fatmawati, Fina Furi. 2023. Analisis Normatif Terhadap Pengelolaan Simpanan Anggota Koperasi Mahasiswa Al-Hikmah IAIN Ponorogo. Skripsi. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah, Fakultas Syariah, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing : Yudhi Achmad Bashori, M.H.I.
Kata Kunci/Keywords : Pengelolaan, Penarikan Simpanan, Koperasi Al-Hikmah
Sesuai dengan Undang-undang Nomor 17 Tahun 2012 Tentang Perkoperasian, terdapat beberapa simpanan anggota yaitu setoran pokok dan sertifikat modal. Dalam KOPMA Al-Hikmah biasa disebut dengan simpanan pokok dan simpanan wajib, di mana anggota wajib membayarkan simpanan sesuai yang telah di sepakati di Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga. Namun, dalam pengelolaan simpanan anggota koperasi belum maksimal terjalin disebabkan kurangnya pemahaman dan transparansi yang dilakukan oleh pengurus koperasi, sehingga banyak sekali anggota yang tidak membayarkan simpanan. Dalam hal penarikan simpanan anggota koperasi hanya bisa diambil ketika anggota sudah keluar dari anggota KOPMA Al-Hikmah, Sedangkan menurut hukum Islam yaitu akad Wadi’>ah simpanan anggota dapat di ambil kapan saja sesuai keinginan anggota.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana analisis terhadap praktik pengelolaan simpanan anggota koperasi mahasiswa Al-Hikmah IAIN Ponorogo perspektif Undang-undang Nomor 17 Tahun 2012? Bagaimana analisis terhadap penarikan simpanan anggota koperasi mahasiswa Al-Hikmah IAIN Ponorogo perspektif Hukum Islam?
Adapun penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Sedangkan teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif.
Dari penelitian yang diadakan selama skripsi dapat disimpulkan bahwa pengelolaan simpanan anggota dalam koperasi mahasiswa Al-Hikmah kurang sesuai dengan Undang-undang Nomor 17 Tahun 2012 Tentang Perkoperasian pada AD/ART, penggunaan nomenklatur, transparansi pengurus kepada anggota, dan arah pengelolaan simpanan. Adapun yang sudah sesuai dengan Undang-undang Nomor 17 Tahun 2012 adalah pada aspek penarikan simpanan oleh anggota. Simpanan ini jika dipandang dari hukum Islam termasuk ke dalam Wadi>’ah Yad Adh-dhamanah. Adapun hal yang tidak sesuai dengan akad Wadi>’ah, yaitu mengenai penarikan simpanan yang tidak bisa di ambil sewaktu-waktu.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Yudhi Achmad Bashori
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 31 May 2023 08:49
Last Modified: 31 May 2023 08:49
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23260

Actions (login required)

View Item View Item