Pelayanan Pendaftaran dan Pencatatan Nikah melalui Website Sistem Informasi Manajemen Nikah (SIMKAH) di KUA Kecamatan Babadan Kabupaten Ponorogo (Tinjauan Efektivitas Hukum)

Huda, Amalia Nurul (2023) Pelayanan Pendaftaran dan Pencatatan Nikah melalui Website Sistem Informasi Manajemen Nikah (SIMKAH) di KUA Kecamatan Babadan Kabupaten Ponorogo (Tinjauan Efektivitas Hukum). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
101190118_Amalia Nurul Huda_HKI.pdf

Download (4MB)

Abstract

Huda, Amalia Nurul 2023. Pelayanan Pendaftaran dan Pencatatan Nikah Melalui Website Sistem Informasi Manajemen Nikah (SIMKAH) di KUA Kecamatan Babadan Kabupaten Ponorogo (Tinjauan Efektivitas Hukum). Skripsi Jurusan Hukum Keluarga Islam Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing : Sesario Aulia, M.Kn.
Kata Kunci/Keywords : SIMKAH, Efektivitas Hukum, Kantor Urusan Agama.
Pencatatan nikah umumnya dilakukan oleh sebuah instansi, salah satunya adalah Kantor Urusan Agama (KUA). Pernikahan yang tidak dicatatkan, nantinya tidak memiliki perlindungan hukum. Karena pencatatan pernikahan ini merupakan hal yang penting, maka Kementerian Agama terus meningkatkan pelayanan dengan menerbitkan sebuah aplikasi pencatat nikah online bernama Sistem Informasi Manajemen Nikah (SIMKAH). Di KUA Kecamatan Babadan, SIMKAH ini sudah diterapkan, namun masyarakatnya masih banyak yang belum mengetahui. Untuk itu, efektif atau tidaknya penerapan SIMKAH ini akan ditinjau menggunakan teori efektivitas hukum.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana tinjauan efektivitas hukum terhadap implementasi pelayanan pendaftaran dan pencatatan nikah melalui SIMKAH di KUA Kecamatan Babadan Kabupaten Ponorogo? (2) bagaimana tinjauan efektivitas hukum terhadap faktor pendukung dan faktor penghambat penerapan aplikasi SIMKAH di KUA Kecamatan Babadan Kabupaten Ponorogo?
Adapun skripsi ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Adapun teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara dan observasi. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode induktif.
Dari penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa pelayanan pendaftaran dan pencatatan nikah melalui website SIMKAH di KUA Kecamatan Babadan Kabupaten Ponorogo belum efektif. Dapat dilihat dari tujuan dari SIMKAH yang belum tercapai, dimana seharusnya masyarakat dapat melakukan pendaftaran nikah secara mandiri, namun pada prakteknya hal ini belum terlaksana. Faktor-faktor yang menjadi penghambat dalam implementasi pelayanan pendaftaran dan pencatatan nikah melalui SIMKAH, diantaranya adalah faktor dari penegak hukumnya yang belum secara maksimal menjalankan tugasnya untuk memperkenalkan SIMKAH kepada masyarakat. Faktor yang kedua, faktor masyarakat yaitu masyarakat enggan untuk melakukan pendaftaran secara mandiri dan sudah menjadi budaya bahwa masyarakat meminta bantuan modin untuk melakukan pendaftaran nikah. Meski begitu, penerapan SIMKAH ini juga didukung dengan fasilitas dan sarana KUA yang memadai, sehingga dari sistem kerja aplikasi SIMKAH itu sendiri dapat berjalan dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Sesario Aulia
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 31 May 2023 08:47
Last Modified: 31 May 2023 08:47
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23252

Actions (login required)

View Item View Item