Efektivitas Program Keluarga Harapan Dalam Mewujudan Keluarga Sakinah (Studi Atas Keluarga Penerima Manfaat di Desa Jenangan Kec. Jenangan Kab. Ponorogo)

Nisa, Maulina Walidatun (2023) Efektivitas Program Keluarga Harapan Dalam Mewujudan Keluarga Sakinah (Studi Atas Keluarga Penerima Manfaat di Desa Jenangan Kec. Jenangan Kab. Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
101190058_MAULINA WALIDATUN NISA_HKI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Nisa, Maulina Walidatun, 2023. Efektivitas Program Keluarga Harapan dalam Mewujudkan Keluarga Sakinah (Studi Atas Keluarga Penerima Manfaat di Desa Jenangan Kec. Jenangan Kab. Ponorogo). Skripsi Jurusan Hukum Keluarga Islam Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri Ponorogo (IAIN) Ponorogo, Pembimbimng Yudhi Achmad Bashori M.H.I.
Kata Kunci/Keywords: Efektivitas, Program Keluarga Harapan, Keluarga Sakinah.
Dalam kehidupan rumah tangga yang diharapkan adalah terciptaya keluarga yang sakinah. Namun terdapat faktor yang menghambat terbangunnya keluarga sakinah salah satunya dari faktor ekonomi. Dalam hal ini terdapat upaya pemerintah dalam menanggulangi permasalahan tersebut yakni dengan menciptakan program bantuan yang disebut dengan Program Keluarga Harapan (PKH). PKH merupakan program bantuan sosial bersyarat, yang diberikan kepada keluarga miskin berdasarkan ketentuan dari kementerian sosial sebagai syarat penerimanya.Selain memberi bantuan sosial PKH juga memberikan pendampingan-pendampingan untuk mewujudkan keluarga sejahtera bagi keluarga penerima. Dari hal tersebut PKH dapat mewujudkan keluarga penerima menjadi keluarga yang sakinah. Dalam hal ini penliti meneliti Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Desa Jenangan Kec. Jenangan Kab. Ponorogo.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana analisis efektivitas PKH dalam mewujudkan keluarga sakinah dari segi ekonomi KPM di Desa Jenangan Kec. Jenangan Kab. Ponorogo? Bagaimana analisis efektivitas PKH dalam mewujudkan keluarga sakinah dari segi pengasuhan dan pendidikan anak KPM di Desa Jenangan Kec. Jenangan Kab. Ponorogo?
Adapun skripsi ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan empiris. Sedangkan teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah metode induktif.
Hasil dari penelitian yang peneliti lakukan adalah sebagai berikut: Program Keluarga Harapan di Desa Jenangan efektif untuk mewujudkan keluarga sakinah dari segi ekonomi KPM. Keefektifan tersebut dibuktikan dengan adanya peningkatan ekonomi KPM, yakni KPM sudah menghilangkan budaya sering berhutang, kebutuhan mereka tercukupi, dan menerapkan budaya menabung meskipun pendapatan sedikit. Hal ini menunjukkan bahwasanya KPM dapat dikatakan sakinah, dikarenakan setelah adanya bantuan PKH, KPM terbebas dari kemiskinan harta yang hal tersebut menunjukkan bahwa KPM sejahtera secara secara lahir. Program Keluarga Harapan di Desa Jenangan efektif untuk mewujudkan keluarga sakinah dari segi pengasuhan dan pendidikan anak. Keefektifan ini dibuktikan dengan tercapainya tujuan dari pendampingan dalam pengasuhan dan pendidikan anak yakni menjadikan orang tua yang lebih baik, dengan tercapainya tujuan tersebut dapat dikatakan bahwa KPM merupakan keluarga yang sakinah karena bertambahnya rasa kasih sayang dan saling mencintai sesama anggota keluarga.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Yudhi Achmad Bashori
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 31 May 2023 08:46
Last Modified: 31 May 2023 08:46
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23251

Actions (login required)

View Item View Item