Peran Ganda Ibu Pekerja Dan Pemenuhan Hak-Hak Anak Perspektif Hukum Islam (Studi Kasus di Desa Kuncen Kecamatan Padangan Kabupaten Bojonegoro)

Safira, Reza Ayu (2023) Peran Ganda Ibu Pekerja Dan Pemenuhan Hak-Hak Anak Perspektif Hukum Islam (Studi Kasus di Desa Kuncen Kecamatan Padangan Kabupaten Bojonegoro). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
101190246_Reza Ayu Safira_Hukum Keluarga Islam.pdf

Download (1MB)

Abstract

Safira, Reza Ayu 2023. Peran Ganda Ibu Pekerja Dan Pemenuhan Hak-hak Ank Perspektif Hukum Islam (Studi Kasus di Desa Kuncen Kecamatan Padangan Kabupaten Bojonegoro). Skripsi Jurusan Hukum Keluarga Islam Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Anis Hidayatul Imtihanah, M.H.I.
Kata Kunci/ Keywords : Peran Ganda Ibu Pekerja, Hak-hak Anak, Hukum Islam
Di zaman yang modern ini di Desa kuncen Kecamatan Padangan Kabupaten Bojonegoro hampir menyeluruh ibu berperan ganda sebagai pekerja. Beberapa dari ibu yang bekerja tidak mempunyai waktu secara penuh dengan anak-anaknya karena padatnya jam kerja setiap harinya, sehingga beberapa anak dari ibu yang bekerja mempunyai prilaku yang kurang baik di lingkungan sekitar karena kurangnya kasih sayang dan penanaman moral dari orang tuanya. Padahal jika orang tua yang bekerja tersebut dapat membagi waktu antara pekerjaan dan anak-anaknya maka hak kasih sayang dan penanaman moral tersebut dapat terpenuhi dengan baik.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pemenuhan hak kasih sayang anak dari ibu yang berperan ganda sebagai pekerja di Desa Kuncen Kecamatan Padangan Kabupaten Bojonegoro perspektif Hukum Islam?, bagaimana penanaman moral anak dari ibu yang berperan ganda sebagai pekerja di Desa Kuncen Kecamatan Padangan Kabupaten Bojonegoro perspektif Hukum Islam.
Adapun skripsi ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan hukum yuridis-normatif. Sedangkan teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, dokumentasi, dan observasi. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalam metode deduktif.
Hasil darinpenelitian yang peneliti lakukan adalah sebagai berikut: (1) Pemenuhan hak-hak kasih sayang anak dari ibu yang berperan ganda di Desa Kuncen Kecamatan Padangan Kabupaten Bojonegoro ditinjau dari Hukum Islam sebagian sudah terpenuhi dengan baik dikarenakan mereka bisa membagi waktu antara pekerjaan dengan anak-anaknya. Dan sebagian belum terpenuhi dikarenakan minimnya waktu bersama antara ibu dan anak. (2) Ditinjau dari Hukum Islam bahwa penanaman moral anak dari ibu yang berperan ganda di Desa Kuncen Kecamatan Padangan Kabupaten Bojonegoro sebagian sudah terpenuhi dikarenakan mereka mempunyai kualitas hubungan yang baik antara ibu dan anak. Dan sebagian belum terpenuhi dikarenakan mereka tidak mempunyai kualitas hubungan yang baik antara ibu dan anak dan lebih mengutamakan pekerjaannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Anis Hidayatul Imtihanah
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 31 May 2023 08:44
Last Modified: 31 May 2023 08:44
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23244

Actions (login required)

View Item View Item